Categories: BeritaDeveloperziliun

Google Segera Rilis Android 7.1 Developer Preview

[Sumber: Flickr]

Awal bulan Oktober 2016 ini, Google mengenalkan dua buah ponsel pintar terbarunya, yaitu Pixel dan Pixel XL. Yang menarik, kedua perangkat ini telah mengusung Android 7.1 sebagai sistem operasinya, dimana perangkat lain masih menggunakan sistem operasi Android 7.0 sebagai sistem operasi terbaru. Perangkat Nexus yang notabene perangkat besutan Google juga jauh tertinggal.

Tapi kabar menggembirakan telah datang, Google mengumumkan akan segera merilis versi pratinjau dari sistem Android yang paling baru tersebut. Perusahaan Google berencana akan merilis Android 7.1 Developer Preview pada akhir bulan ini.

Namun, tidak semua perangakat yang masuk ke dalam daftar penerima pembaruan pada versi pratinjau sebelumnya akan memperoleh dukungan dari Android 7.1 Developer Preview ini. Google menyebutkan bahwa Android 7.1 Developer Preview hanya akan mendukung perangkat Nexus 5X, Nexus 6P, dan Pixel C. Perangkat-perangkat lain akan ditambahakan bertahap sejalan dengan progres pengembangan Android 7.1.

Terdapat beberapa fitur baru yang diusung oleh Android 7.1 Developer Preview yang perlu diperhatikan oleh para developer. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah app shortcuts API, circular app icons support, enhanced live wallpaper metadata. Selain itu, Google juga menambahkan fitur-fitur yang banyak diminta oleh para developer, yaitu image keyboard support dan storage manager intent.

Fitur app shortcuts API merupakan dukungan untuk developer untuk membuat tampilan tombol aksi secara langsung dari launcher untuk masuk ke dalam hal yang lebih mendalam pada aplikasi. Saat ini, app shortcuts API memberikan dukungan sampai dengan 5 shortcut, baik itu stastis maupun dinamis.

Android 7.1 juga menyediakan sumber daya berupa ikon aplikasi berbentuk lingkaran yangs sesuai degan tampilan dari Pixel launcher maupun launcher lainnya. Selain itu, salah satu fitur yang diberikan dalam Android 7.1 adalah peningkatan metadata pada wallpaper.

Pada Android terbaru tersebut, kini Android akan menampilkan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan wallpaper saat wallpaper ditampilkan sebagai pratinjau pada berbagai macam wallpaper picker. Android 7.1 akan menampilkan metadata seperti label, deskripsi, pengarang, dan lainnya.

Sesuai dengan permintaan banyak developer, Google juga memberikan fitur image keyboard support, dimana fitur ini akan mengizinkan pengguna untuk memasukkan custom sticker, animated gift, dan lebih banyak lagi melalui keyboard-nya.

Selain itu, developer dapat mengembangkan aplikasi yang akan mengizinkan pengguna secara langsung membersihakan file yang tidak digunakan dan membebaskan lebih banyak ruang penyimpanan pada perangkat dengan menggunakan fitur storage manager. Google juga memberikan API yang mendukung multi-endpoint calling dan opsi konfigurasi telepon.

Seperti sebelumnya, developer juga harus mulai memberikan dukungan Android 7.1 pada aplikasi yang dikembangkannya. Developer dapat masuk ke dalam program beta, dan akan memperoleh pembaruan Android 7.1 melalui OTA. Atau, developer dapat memperbarui perangkatnya dengan versi flashable image. Google berharap, versi final dari Android 7.1 developer preview dapat terselesaikan pada awal bulan Desember 2016 mendatang.

[Sumber: AndroidPolice]

 

Share
Published by
Sukindar

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019