Google Umumkan Actions on Google, Platform Pengembangan Google Assistant

Google Umumkan Actions on Google, Platform Pengembangan Google Assistant

actions-on-android-anouncement-banner

Mungkin sudah banyak yang tahu, pada tanggal 4 Oktober 2016 kemarin, Google telah menyelenggarakan sebuah konferensi dimana sebagian besar didominasi dengan pengumuman dan perilisan perangkat-perangkat terbaru besutan perusahaan tersebut. Akan tetapi, terdapat hal yang cukup menarik perhatian para developer.

Selain merilis barisan perangkat Pixel dan berbagai macam perangkat keras lainnya, Google juga mengumumkan tambahan yang penting pada akhir acara. Secara resmi, Google mengumumkan akan mengubah Google Assistant ke dalam ekosistem mayor aplikasi dan layanan. Oleh karena itu, Google membuka sebuah platform baru yang ditujukan untuk para developer.

Google mengumumkan sebuah platform dengan sebutan Actions on Google, yaitu sebuah platform yang akan mengizinkan developer untuk memberikan pengalaman khusus untuk Google Assistant. Melalui platform ini, pengembangan layanan bot milik Google tersebut dapat membuat interaksi yang sangat efisien.

Melalui platform Actions on Google, developer dapat memilih dua tipe aksi yang ingin dikembangkan, di antaranya adalah tipe direct dan conversational. Tipe direct merupakan pemicu interaksi Google Assistant dengan menggunakan perintah yang jelas tanpa memerlukan tidakan lanjutan. Salah satu contoh dari tipe ini adalah perintah suara untuk memainkan sebuah lagu dari aplikasi musik yang ada dalam perangkat.

Sedangkan tipe conversational merupakan sebuah tindakan yang digunakan untuk hal-hal yang membutuhkan tindakan lanjutan dari pengguna. Tipe ini dapat berupa sebuah dialog dimana sistem akan menanyakan berbagai hal yang diperlukan untuk memenuhi permintaan dari pengguna. Sebagai contoh adalah permintaan pemesanan taksi, dimana sistem akan menanyakan lokasi, kapasitas, dan berbagai hal lainnya yang dibutuhkan untuk melengkapi pemesan tersebut.

Google juga menginginkan agar beberapa tindakan yang dikembangkan oleh developer tidak memerlukan penginstalan sebuah aplikasi tertentu atau membutuhkan otorisasi layanan. Selain itu, Google juga membuka platform Actions on Google untuk siapapun yang berkeinginan untuk membangunnya.

Untuk sementara, layanan tersebut belum dirilis. Google akan merilis layanan tersebut pada awal bulan Desember 2016 ini. Bagi yang ingin mendapatkan berita dan pembaruan informasi dari paltform Actions on Google, dapat mengakses laman Actions.

[Sumber: AndroidPolice]