MakeDoNia Selenggarakan Hackathon Internet of Things Pertama di Indonesia

MakeDoNia Selenggarakan Hackathon Internet of Things Pertama di Indonesia

Internet Of Things Hackathon

Beberapa waktu lagi MakeDoNia akan menyelenggarakan kompetisi Hackathon pertama di Indonesia yang menantang pesertanya untuk mengembangkan perangkat Internet of Things (IoT) yaitu Indonesia First Internet of Things Big Data Innovation Challenge. Kompetisi ini merupakan salah satu acara dalam rangkaian acara Big Data Week 2015.

Hackathon ini menantang individu maupun tim dari kalangan bisnis, hacker, pengembang, desainer, mahasiswa, arsitek, insinyur, usaha sosial, startup, dan kelompok masyarakat dari semua kalangan untuk menggunakan Big Data dalam membangun produk dan layanan Internet of Things.

Kompetisi ini bebas untuk umum dan tidak dipungut biaya. Selanjutnya setiap peserta dapat membentuk tim yang minimal terdiri dari 2 orang, namun pihak penyelenggara menyarankan 3 – 5 orang dalam 1 tim agar lebih efektif dan efisien.

iot hackathon

Pendaftaran IoT Hackathon ini dibuka hingga tanggal 26 Februari 2015. Nantinya kompetisi ini akan diselenggarakan selama 24 jam pada tanggal 7 hingga 8 Maret 2015 di Crackerz (Crazy Hackerz Makerspace), MD Place Tower 2, Jakarta.

Menariknya, dalam kompetisi ini pihak penyelenggara akan menyediakan “Hardware Protoyping Kit” bagi 20 tim yang beruntung. Kit ini sendiri terdiri dari komponen Microcontroller, Sensor, Actuator, Power, Communicaton, dan Accessories. Bagi tim yang ingin mendapatkan “Hardware Protoyping Kit” ini dapat langsung menghubungi pihak penyelenggara selama persediaan masih ada. Selain itu, setiap tim diperkenankan juga membawa perangkat keras sendiri.

Nantinya juara pertama kompetisi ini berhak mendapatkan Rp. 15.000.000 ditambah kesempatan untuk mempresentasikan produk IoT yang dikembangkanya pada acara Big Data Week 2015, juara kedua berhak mendapatkan hadiah Rp 10.000.000, dan juara ketiga berhak mendapatkan hadiah Rp 7.000.000. Selain itu, juara kedua dan ketiga mempunyai kesempatan untuk memamerkan produk IoT yang dikembangkannya pada acara Big Data Week.

Tak ketinggalan, 10 tim yang berhasil menjadi finalis dalam kompetisi ini akan dipromosikan menjadi duta Indonesia Innovator dan diundang untuk berpartisipasi dalam Virtuos Innovation Ecosystem. Selain itu, finalis ini juga akan mendapatkan Human Centered Design Thinking Workshop gratis dan dapat menggunakan printer 3 Dimensi secara gratis di MakeDoNia Innovation Hub.

Bagi pembaca yang tertarik untuk mengikuti kompetisi ini dapat langsung mendaftarkan dirinya di situs resmi yaitu Indonesia First Internet of Things Big Data Innovation Challenge.

iot hackathon all

* Disclosure: TeknoJurnal adalah salah satu media partner di Indonesia First Internet of Things Big Data Innovation Challenge.