Sambut Sumpah Pemuda, Code4Nation Ajak Developer Seluruh Indonesia Berkompetisi di Hackathon Merdeka 2.0

Sambut Sumpah Pemuda, Code4Nation Ajak Developer Seluruh Indonesia Berkompetisi di Hackathon Merdeka 2.0

hackathon merdeka 2 header

Setelah sukses dengan Hackathon Merdeka pertama (Hackathon Istana), kini Code4Nation mengadakan kembali acara hackathon yakni Hackathon Merdeka 2.0. Menariknya, hackathon ini akan diselenggarakan serentak 17 kota di Indonesia.

Hackathon ini diselenggarakan untuk menyambut hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2015. Untuk slogannya sendiri masih sama dengan yang hackathon yang pertama yakni Merdeka Dengan Kode. Sedangkan untuk tema yang akan diangkat adalah berkontribusi pada negara untuk menyelesaikan masalah kependudukan atau Civic Emporwerment.

Alasan diambilnya tema ini karena pihak penyelenggara Hackathon Merdeka mendapatkan masukan dan saran dari berbagai masyarakat bahwa masalah yang sangat penting setelah komoditas pangan adalah masalah data kependudukan di Indonesia yang masih banyak masalah.

Hackathon merdeka 2 peta

Pihak penyelenggara berharap bahwa peserta hackathon dapat mengumpulkan solusi untuk pemecahan masalah pengumpulan data yang cepat dan akurat tentang kependudukan. Beberapa masalah mengenai data kependudukan adalah KTP, Akta Kelahiran, Paspor, BPJS, anak putus sekolah, warga miskin, anak berpotensi, dan masih banyak lagi.

Peserta yang dapat mengikuti hackathon ini bebas untuk developer umum. Namun bagi developer yang baru mengikuti hackathon ini diharapkan terlebih dahulu memperkenalkan dirinya di forum Code4Nation untuk memudahkan komunikasi dengan peserta lainnya ketika acara berlangsung maupun setelahnya.

Selain itu, peserta diharapkan dapat mengembangkan aplikasi dengan berbagai pilihan platform seperti web dan aplikasi mobile atau web dan SMS atau web dan Internet of Things atau kombinasi lainnya yang memungkinkan dapat digunakan oleh orang banyak.

Nantinya hackathon ini akan berlangsung paa tanggal 24 hingga 25 Oktober serentak di 17 kota di Indonesia. Untuk peserta yang berhasil memenangkan Hackathon Merdeka 2.0 ini akan diajak dan dikumpulkan di Jakarta pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015.

Untuk 17 kota yang dipercaya untuk menyelenggarakn acara Hacakthon Merdeka 2.0 adalah Bogor, Medan, Toba, Belitung, Balikpapan, Palembang, Malang, Tangerang, Jogja, Semarang, Bandung, Surabaya, Banyumas, Wonosobo, Denpasar, Ambon, dan Makassar.

Bagi pembaca maupun developer yang tertarik untuk berkontribusi dalam acara hackathon ini dapat langsung mendaftarkan dirinya di situs resmi Hackathon Merdeka 2.0.