Hal yang Perlu Diketahui Pemula Untuk Belajar Bahasa Pemrograman Python

Hal yang Perlu Diketahui Pemula Untuk Belajar Bahasa Pemrograman Python

PYTHON HEADER

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer saat ini. Python digunakan oleh pengembangan web, aplikasi web, aplikasi perkantoran, simulasi, dan masih banyak lagi. Hal ini disebabkan karena Python merupakan bahasa pemrograman yang dinamis dan mudah dipahami.

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python, bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Guido van Rossum dan popular sebagai bahasa scripting dan pemrograman web.

Bagi para pembaca yang ingin memulai belajar bahasa pemrograman Python, mungkin akan merasa bingung ketika menentukan dari mana memulai materi untuk mempelajarinya. Dalam belajar bahasa pemrograman apapun, ketika bingung memulai dari mana materi yang harus dipelajari, maka dapat mengingat beberapa hal penting dasar pemrograman.

Para pembaca yang ingin memulai belajar, harus memahami diantaranya input atau proses memasukan informasi ke dalam program. Selain itu, menyiapkan tempat untuk menyimpan informasi atau data, memberikan perintah untuk mengolah data atau operation, menampilkan data yang sudah diolah atau output.

Perintah dapat disusun menjadi conditional atau mengeksekusi perintah tertentu jika memenuhi syarat tertentu. Looping atau proses yang dilakukan berulang-ulang, dan subroutine atau prosedur yang memungkinkan diproses berulang-ulang.

Pada bahasa pemrograman Python, hal dasar penting dalam pemrograman bisa diaplikasikan seperti di bawah ini.

Input

Tahapan ini merupakan proses memasukan data ke dalam proses komputer melalui peralatan input.  Pada bahasa Python, untuk menerima masukan dari pengguna yaitu dengan menggunakan method input() dan raw_input().

Data

Data adalah bahan mentah yang akan diolah menjadi informasi sehingga dapat berguna dan dimanfaatkan oleh pengguna. Data dapat berupa variabel, konstanta, atau yang berisi bilangan, kalimat, dan lainnya. Tipe data berupa string, number, list, tuple, dan lainnya.

Operation

Operation adalah yang akan mengubah suatu nilai menjadi nilai lain. Yang termasuk operation atau yang biasa disebut dengan operator adalah operator aritmatika, operator assignment, dan lainnya.

Output

Output adalah menuliskan informasi yang ditampilkan dilayar, disk, atau ke salah satu unit I/O. Pada Python 2.0, untuk menampilkan output dengan menulis sintax print. Sedangkan pada Python 3.0 dengan menggunakan fungsi print().

Conditional

Merupakan jumlah perintah yang akan dijalankan jika kondisi tertentu sudah terpenuhi. Jika username dan password yang dimasukan benar, maka akan menampilkan halaman utama. Hal ini bisa disebut conditional. Pada conditional, Python menggunakan pernyataan if, else, dan elif.

Looping

Perintah yang akan berjalan beberapa kali, selama kondisi yang ditentukan atau kondisi yang terpenuhi. Pada looping ini, Python menggunakan pernyataan for dan while untuk melakukan perulangan.

Subroutine

Perintah yang bisa dijalankan dengan cara memanggil namanya. Sering disebut sebagai function atau method. Pada bahasa pemrograman Python, untuk menggunakan function atau method yaitu dengan menggunakan pernyatan def nama_function().

Hal ini bisa dijadikan pembelajaran dasar ketika para pembaca ingin memulai belajar bahasa pemrograman Python. Selain itu, ada beberapa situs yang dapat berguna untuk mempelajari Python yang bisa dibaca pada artikel sebelumnya.

,