HPE Sedang Negosiasikan Penjualan Unit Perangkat Lunaknya

HPE Sedang Negosiasikan Penjualan Unit Perangkat Lunaknya

HPE Unit Software Negosiasi Banner

[Sumber: Wikimedia]

Berdasarkan laporan Reuters yang ditulis kembali pada Venturebeat, Hewlett Packard Enterprise Co (HPE) sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan Thoma Bravo LCC. Kedua perusahaan tersebut sedang melakukan pembicaraan untuk penjualan divisi perangkat lunak HPE dengan kisaran harga yang diharapkan sekitar 8 miliar dollar sampai 10 miliar dollar.

Pembicaraan ini dimulai dari pimpinan eksekutif HPE, yaitu Meg Whitman, yang mencoba untuk memfokuskan strategi perusahaan yang berada di Amerika Serikat pada jaringan, penyimpanan, pusat data, dan layanan teknologi terkait. Hal ini terjadi setelah HPE terpisah dari komputer dan pembuat printer HP Inc.

HPE sudah menerima tawaran hingga 7,5 miliar dollar, dan Thoma Bravo merupakan penawar tertinggi untuk aset tersebut. Perusahaan ekuitas swasta lainnya yang ikut membuat penawaran adalah Vista Equity Partners Management LLC, Carlyle Group LP, dan TPG Capital LP.

Hal lain masih mungkin terjadi dalam negosiasi ini. HPE masih dimungkinkan akan beralih ke perusahaan selain Thoma Bravo untuk memperoleh kesepatan yang lebih baik. Atau Thoma Bravo hanya akan membeli beberapa aset dari unit tersebut.

Akan tetapi, penjualan seluruh aset untuk satu perusahaan tentu akan jauh lebih mudah jika perusahaan tersebut telah memiliki perusahaan terkait. Dan Thoma Bravo telah memiliki perusahaan perangkat lunak lain, termasuk di dalamnya Dynatrace LLC dan Compuware Corp.

Di sisi lain, unit perangkat lunak HPE telah menghasilkan 3,6 miliar dollar pendapatan bersih pada tahun 2015 lalu, angka ini turun dari 3,9 miliar dollar pada tahun 2014. Aset-aset yang ditawarkan pada unit ini mencakup Vertica, yaitu sebuah platform analisis big data, dan ArcSight, yaitu perusahaan keamanan cyber.

[Sumber: Venturebeat]

,