Huawei Luncurkan Empat Tipe Ponsel Keluarga Huawei Mate 20

Huawei Luncurkan Empat Tipe Ponsel Keluarga Huawei Mate 20

Peluncuran Huawei Mate 20 Series Header[Dokumentasi Huawei]

Huawei Consumer Business Group (BG) secara resmi kembali meluncurkan seri ponsel tertingginya, yakni Huawei Mate 20 Series. Terdapat empat tipe ponsel dari keluarga Huawei Mate 20 yang dikenalkan oleh Huawei dalam peluncurannya di London tertanggal 16 Oktober 2018 lalu.

Keempat tipe ponsel yang dikenalkan Huawei tersebut di antaranya adalah Huawei Mate 20, Huawei Mate 20 Pro, Huawei Mate 20 X, dan PORSCHE DESIGN HUAWEI Mate 20 RS (merupakan hasil kerja sama Huawei dengan Porsche Design).

Meskipun membawa beberapa spesifikasi yang cukup berbeda-beda, keluarga dari Huawei Mate 20 menawarkan inovasi tertinggi dari Huawei, di mana semuanya dirancang dengan menggunakan teknologi proses yang paling berkinerja dan canggih.

Yang cukup menjadi catatan, keluarga Huawei Mate 20 telah ditenagai oleh System on Chip (SoC) tertinggi Huawei, yakni Kirin 980. SoC buatan Huawei ini dibangun dengan menggabungkan CPU berbasis Cortex-A76 dan GPU Mali-G76 melalui manufaktur 7nm.

Atau dengan kata lain, SoC Kirin 980 merupakan chipset yang mengalami peningkatan performa tetapi cukup efisien alias memiliki konsumsi baterai yang relatif lebih hemat jika dibandingkan dengan chipset dengan manufaktur yang lebih besar.

Selain itu, Kirin 980 juga merupakan SoC pertama di industri yang dilengkapi dengan Dual-NPU, yang memberikan kemampuan pemrosesan AI On-Device yang lebih tinggi untuk mendukung setiap dan semua aplikasi AI.

Peluncuran Huawei Mate 20[Dokumentasi Huawei]

Huawei Mate 20

Huawei Mate 20 merupakan varian paling rendah dari keluarga Huawei Mate 20. Meskipun demikian  perangkat ini telah dilengkapi dengan kamera Leica 16 MP (Ultra-wide, f/2.2) + 12 MP (Wide-angle, f/1.8) + 8 MP (telephoto, f/2.4).

Perangkat ini pun telah didukung dengan layar berukuran 6,53 inci yang menawarkan resolusi Full HD+ (2244 x 1080 piksel) berteknologi RGBW DCI-P3 HDR LCD, dan memiliki dua varian, yakni perangkat dengan RAM 4 GB atau 6 GB.

Huawei Mate 20 Pro dan Huawei Mate PORSCHE DESIGN HUAWEI Mate 20 RS

Meskipun membawa ukuran layar yang lebih kecil, yakni 6,39 inci, Huawei Mate 20 Pro dan Huawei Mate PORSCHE DESIGN HUAWEI Mate 20 RS merupakan perangkat seri tertinggi dari keluarga Huawei Mate 20.

Kedua tipe ponsel yang hanya dibedakan di sisi desainnya ini memiliki konfigurasi hardware dengan RAM 8 GB untuk varian yang paling tinggi, dilengkapi dengan layar OLED beresolusi 2K+ (1440 x 3120 piksel), fingerprint dalam layar, dan 3D Face Unlock.

Selain itu, perangkat ini memiliki baterai berukuran 4.200 mAh, yang notabene 200 mAh lebih besar dari varian Huawei Mate 20, yang didukung oleh teknologi SuperCharge, Wireless Quick Charge, dan Wireless Reverse Charging (seperti wireless powerbank ).

Huawei Mate 20 X

Seri ini merupakan seri menengah dari Huawei Mate 20, di mana beberapa hal telah membawa kemampuan Huawei Mate 20 Pro, termasuk kombinasi kamera utama 40MP (Wide Angle, f/1.8 ) + 20MP (Ultra Wide Angle, f/2.2) + 8MP (Telephoto, f/2.4).

Sementara itu, yang cukup membedakannya dengan Huawei Mate 20 Pro adalah baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh, layarnya yang berukuran 7,2 inci, ketersediaan Huawei M-Pen, dan kapasitas RAM yang hanya memiliki satu varian sebesar 6 GB.