Hyperkin Lab Rilis Smartboy Development Kit untuk Mengubah Perangkat Android Menjadi Konsol Game Boy

Hyperkin Lab Rilis Smartboy Development Kit untuk Mengubah Perangkat Android Menjadi Konsol Game Boy

Smartboy Dev Kit banner

[Sumber: Pixabay]

Hyperkin merilis sesuatu yang unik pada saat E3 kemarin, yaitu sebuah perangkat yang mengizinkan pengguna perangkat dengan sistem android memainkan Game Boy dan Game Boy Color Catridges secara langsung. Hyperkin mengenalkan produk ini dengan nama Smartboy Development Kit.

Smartboy Development Kit dikenalkan dengan mengusung firmware dan aplikasi serial yang berlisensi open-source. Dengan lisensi ini, Hyperkin berharap agar para developer dapat meningkatkan pembangunan Hyperkin untuk membuat perangkat yang siap jual. Hyperkin Lab mendedikasikan produk ini sebagai pengembangan dan pengujian produk.

Hyperkin merancang produk ini secara khusus untuk dapat ditambahkan pada perangkat pintar Android, dan merubah ponsel pintar tersebut menjadi sebuah perangkat handheld gaming. Dilengkapi dengan satu set tombol taktil bergaya genggaman klasik, Smartboy Development Kit juga dibangun agar dapat mendukung dua jenis cartridges, yaitu cartridges untuk Game Boy dan Game Boy Color.

Smartboy Development Kit juga dilengkapi dengan port microUSB bersisi ganda dan juga dukungan terhadap NTSC/PAL cart. Untuk menunjang kinerja produk, Hyperkin menanamkan Atmel 90USB646 di dalam Smartboy Development Kit.

Smartboy Development Kit ini dirancang untuk ponsel pintar berukuran 5-6 inch dengan Smartboy Serial App Access untuk pemetaan pengendali dan pemasangan. Dan untuk menggunakan produk besutan Hyperkin ini, perangkat ponsel pintar harus berjalan di atas sistem operasi Android versi 4.4.4 atau di atasnya. Selain itu, perangkat android yang digunakan harus mendukung USB OTG.

Untuk mendapatkan produk ini, para developer harus membayar sebesar 60 dollar dan harus menunggu pengiriman yang akan dimulai pada tanggal 1 Desember 2016. Dan bagi yang memiliki pertanyaan tentang pengembangan dapat mengirim sebuah pesan melalui [email protected].

[Via Hyperkin Lab]