[email protected] Permudah Penerbitan Games untuk Platform Xbox One dan Windows

ID@Xbox Permudah Penerbitan Games untuk Platform Xbox One dan Windows

Xbox One Console

[sumber: Flickr]

Pada acara Game Developer Conference tahun 2016 ini, [email protected] untuk ketiga kalinya menampilkan game-game baru yang luar biasa, besutan dari para developer independen yang mengikuti program [email protected] Lebih dari 1.400 studio kini sedang mengembangkan game melalui program [email protected] Tetapi pada GDC tahun ini, Xbox hanya menampilkan 40 game yang berbeda.

Program [email protected] merupakan sebuah program yang memungkinkan developer-developer independen dapat menerbitkan berbagai macam game dengan mudah untuk platform Xbox One dan Windows 10.  Selain mendukung konsol Xbox, [email protected] kini mendukung developer untuk membangun game-game Universal Windows Platform (UWP) yang di dalamnya terdapat Xbox Live.

Program ini juga mendukung keuntungan untuk platform sebaliknya, kini developer dapat menggunakan MonoGame sebagai solusi open-source untuk menggantikan framework pemrograman XNA Microsoft yang tidak mendukung secara native perangkat Xbox One. Sehingga kini developer dapat mengembangkan game-game yang semula ada pada Windows 10, kini dapat terdistribusikan untuk Xbox One.

Kemudahan ini akan mengakibatkan pemain game dapat menikmati game yang menakjubkan dengan varietas yang sangat banyak. Tak hanya dapat bermain di salah satu platform, para pengguna juga dapat memainkan game yang mendukung lintas platform, antara Xbox One dengan Windows 10, dengan menggunakan Xbox Live.

Secara native, Xbox Live yang mengizinkan developer membangun game lintas platform, juga mengizinkan developer membangun game yang lintas jaringan. Sehingga pengguna Xbox One dan Windows 10 dapat menggunakan Xbox Live untuk bermain dengan fitur online multiplayer dengan pemain lain pada jaringan berbeda.

Selain itu, pengembangan game tentu tidak terlepas dari adanya kritik dan saran. Pemain masih dapat memberikan saran dan kritiknya melalui Xbox Game Preview untuk meningkatkan pengalaman pengembangan aplikasi game. Dan secara khusus, pemain game dapat meminta sebuah fitur yang ingin dinikmati pada game yang dimainkan.

Tujuan lain dari program [email protected] adalah membangun pasar yang berkelanjutan. Tak hanya ingin mendistribusikan game, program [email protected] diharapkan dapat membuat developer mencapai kesuksesan komersial dan tetap mengembangkan game-game yang bagus untuk dimainkan.

 

[via Xbox Wire]