Berita

IEL University Series 2019 Musim Pertama Telah Resmi Dimulai

[Dokumentasi MIX 360 ESPORTS]

IEL University Series 2019 musim pertama resmi digelar untuk memperebutkan hadiah dengan total senilai 1 Milyar Rupiah. Penyelenggara, pendukung, sekaligus ambassador kompetisi ini telah menyelenggarakan media launch untuk mengumumkan kick off-nya pada hari Rabu tanggal 30 Januari 2019 kemarin.

IEL University Series 2019 merupakan kompetisi resmi e-sports untuk tingkat universitas pertama di Indonesia, yang diselenggarakan oleh MIX 360 ESPORTS, yakni sebuah entitas bisnis yang berkecimpung di industri e-sports Indonesia.

Kompetisi ini juga memperoleh dukungan penuh dari pihak terkait, seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia Esports Association (IESPA).

“Syarat utama untuk memajukan e-sports di tanah air adalah mengubah paradigma tradisional para orang tua dan institusi pendidikan terhadap e-sports sehingga mereka turut mendukung pembinaan talenta-talenta berbakat,” ujar Harry Kartono selaku Chief Operational Officer MIX 360 ESPORTS.

IEL University Series 2019 merupakan langkah awal MIX 360 ESPORTS dalam hal tersebut. Harry menambahkan bahwa misi utama kompetisi ini adalah mempersiapkan calon atlet ESPORTS, khususnya di tingkat universitas, agar bisa masuk ke pelatnas Indonesia untuk SEA Games 2019 di Manila yang akan digelar tahun 2019 ini.

Dalam rangka menyukseskan misi tersebut, MIX 360 ESPORTS menggandeng mitra seperti meta.us dan Niko Partners, untuk mempermudah proses scouting bibit-bibit unggulan serta menyediakan data dan analisis lengkap untuk referensi perkembangan industri e-sports di tanah air.

Sebagai sumber informasi bagi mereka yang belum tahu, meta.us adalah platform jejaring sosial internasional bagi para gamer, sementara Niko Partners adalah firma penelitian pasar industri gaming Asia.

Selain itu, IEL University Series 2019 juga didukung oleh Razer sebagai sponsor utama, diikuti oleh sponsor lain seperti Air Asia, Rexus, dan Good Day. Kompetisi ini juga menggandeng beberapa duta, seperti Clara Mongstar sebagai Key Opinion Leader (KOL), Farand “Koala” ex DOTA 2 Pro Player dari Tim RRQ, Yosua “Kido” Mobile Legends Pro Player dari Tim Louvre Esports, serta MegaKiss.

Mengawali kompetisi ini, sebanyak 12 kampus terpilih telah siap mengirimkan perwakilannya untuk bertarung dalam dua cabang game di IEL University Series 2019, yakni Dota 2 dan Mobile Legends.

Kampus-kampus tersebut nantinya akan dibagi menjadi dua grup untuk melakoni babak penyisihan yang diselenggarakan mulai Januari hingga Maret 2019. Dari dua grup tersebut, nantinya akan dicari empat tim terbaik dari masing-masing cabang untuk bertanding di babak semifinal dan final pada akhir April 2019.

Share
Published by
Sukindar

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019