Bantu Anak Kurang Mampu, Tim ALIX Juarai Imagine Cup 2015 Indonesia Kategori World Citizenship

Bantu Anak Kurang Mampu, Tim ALIX Juarai Imagine Cup 2015 Indonesia Kategori World Citizenship

juara imagine cup 2015 indonesia

Kemarin, Microsoft Indonesia secara resmi menggelar babak final dari kompetisi Imagine Cup 2015 Indonesia di Gandaria City, Jakarta. Kompetisi ini sendiri menantang mahasiswa seluruh Indonesia untuk bertanding dalam mengembangkan aplikasi yang inovatif dan memiliki solusi untuk masyarakat.

Nantinya pemenang dari kompetisi ini akan berkesempatan mengikuti ajang Imagine Cup 2015 Dunia dan bertanding dengan pemenang dari negara lainnya. Setelah rangkaian Imagine Cup 2015 Indonesia yang panjang akhirnya terpilih 9 tim yang berhak menjadi finalis.

9 tim finalis ini terdiri dari Banana Technology, Dodo Project, Watchman, Silverpoint, Upsee Studio, Urban Studio, ALIX, The Combine, dan Trios. Semua Tim finalis ini mempresentasikan dan memperkenalkan aplikasi yang dikembangkannya kepada dewan juri dan penonton yang hadir dalam acara final kompetisi Imagine Cup 2015.

Setelah melalui penjurian yang ketat dan panjang akhirnya terpilihlah 3 tim finalis yang terdiri dari Alix yang menjuarai kategori World Citizenship, Dodo Project yang menjuarai kategori Innovation, dan Urban Studio yang menjuarai kategori Games.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai 3 tim juara dari masing-masing kategori di Imagine Cup 2015 Indonesia ini tim TeknoJurnal akan memberikan informasi singkat sebagai berikut :

ALIX

ALIX

Tim ALIX berasa dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung datang membawa aplikasi yang berjudul Solidare (Bantu Anak Asuh). Aplikasi yang dikembangkan untuk platform Windows Phone ini bertujuan agar dapat memberikan kemudahan donasi untuk anak yatim piatu dan anak tidak mampu secara ekonomi yang terancam putus sekolah sehingga dengan aplikasi ini anak-anak tersebut bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Aplikasi Bantu Anak Asuh (BAA) melibatkan peran serta semua pihak dalam mengurangi angka putus sekolah di dunia. Tim ALIX ini berhasil mengalahkan dua tim lainnya dan menjuarai kategori World Citizenship pada ajang Imagine Cup 2015 Indonesia.

Dodo Project

Dodo Project

Selain ALIX, tim Dodo Project merupakan perwakilan lainnya dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung yang berhasil menjadi juara  kategori Innovation di Imagine Cup 2015 Indonesia.

Tim ini memperkenalkan Dodo Kids Browser yang merupakan aplikasi bagi orang tua agar dapat mengawasi dan mengontrol anak-anaknya dalam beraktivitas menggunakan internet dimana ketika anak-anak menjelajahi internet dapat dilakukan secara aman dan orang tua mereka tidak merasa khawatir dengan bahaya dari penggunaan internet.

Dodo Kids Browser memliki fitur “Savior” untuk menyaring dan memberikan konten yang sesuai dengan anak, “Notifior” untuk memberikan notifikasi ketika anak membuka konten yang tidak sesuai dan para orang tu dapat memberikan tindakan dimanapun merek berada, dan “Reportior” untuk menyajikan laporan aktivitas penggunaan internet yang telah dilakukan oleh anak dalam tabel dan grafik.

Urban Studio

Urban Studio

Tim Urban Studio merupakan pengembang aplikasi yang berasal dari univerisitas yang sama dengan Solite Studio, Universitas Trunojoyo Madura. Tim ini berhasil mengulang kesuksesan Solite Studio menjadi juara kategori Games di kompetisi Imagine Cup 2015 Indonesia.

Tim ini mempresentasikan Help Me Up yang merupakan sebuah game Adventure Puzzle yang berbasis cerita untuk menghibur semua kalangan umur. Dalam game ini pemainnya harus membantu dalam mengarahkan laba-laba menuju ke sarangnya dengan membawa makanan untuk anaknya.

Pemainnya ditantangannya dengan menggunakan jaring yang disediakan secara efisien agar bisa sampai kembali ke sarangnya. Game ini telah memiliki dua stage yang terdiri dari stage Park dan UFO. Setiap stage ini memiliki 12 level. Selain itu, tim Urban Studio sedang melakukan pengembang stage ketiga yaitu SaturCandy.


Nantinya ketiga tim tersebut akan mewakili Indonesia mengikuti kompetisi babak Worldwide Semifinal yang diselenggarakan secara online pada bulan April 2015. Tim yang berhasil lolos dari babak tersebut, maka akan dapat bertanding di tingkat Worlwide Final yang diselenggarakan di Seattle, Amerika Serikat.