Categories: Opini

Implementasi Matematika Pada Dunia Programming

Saya baru saja berbincang-bincang panjang lebar dengan partner saya Putra tentang penelitian, kami baru saja menemukan implementasi dari matematika yang sering kami pelajari di SMA yang kami anggap dulu “nggak jelas en nggak guna”. Semakin menjurusnya penelitian kami di bidang pemetaan, kami akhirnya dihadapkan dengan algoritma transformasi geometris yang semakin kompleks. Setelah kami diskusikan sana-sini, ternyata kami harus menggunakan rumus-rumus matematika yang kami dapatkan semasa SMA seperti trigonometri.

Saya tidak menyangka dulu, jika matematika akan berdampak besar pada pemprograman. Dulu saya hanya menyangka bahwa matematika diskrit lah yang akan berguna ketika mendalami pemprograman. Ternyata, jika mendalami pemprograman yang bersifat scientific, banyak algoritma matematika yang digunakan dan harus dipelajari, seperti trigonometri, matriks, statistik, dan lain-lain.

Saya jadi ada sedikit penyesalan karena tidak serius mendalami matematika dulu sewaktu SMA, matematika tidak melatih untuk menghapal rumus, tapi melatih logika seseorang dalam menganalisa dan mencari solusi dari suatu permasalahan. Matematika adalah suatu bidang pelajaran yang bersifat global, tidak perduli apakah orang itu lebih ke sosial atau ilmiah, karena matematika ada untuk mengasah otak seseorang.

Dalam dunia programming terutama programming yang mengarah ke ilmiah, matematika adalah ilmu yang harus dimiliki. Tanpa membuat suatu algoritma yang kuat, akan susah mengembangkan suatu program. Tidak bisa asal koding saja tanpa membuat algoritma.

Dengan pengalaman yang baru ini di bidang implementasi matematika pada programming, saya menganjurkan para murid-murid sekolah baik itu SD, atau SMP, atau SMA untuk serius dalam mempelajari pelajaran yang ada. Mungkin hasilnya tidak akan terasa dalam waktu dekat, tapi nantinya akan terasa bahwa ilmu yang dipelajari di masa-masa sekolah sangat berguna. Dan buat para mahasiswa, jangan tidur kalo dosennya ngajarin matematika, walaupun rumusnya kadang-kadang membuat kepala pecah, hehe.

Kita seharusnya bersyukur dapat bersekolah setinggi-tingginya, oleh karena itu syukurilah dengan belajar yang baik, nantinya akan berdampak pada individu masing-masing.

_-_

Salam dahsyat,

Firman Nugraha

Share
Published by
Firman Nugraha
Tags: matematika

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019