[Infografis] Apakah Tablet Menggeser Fungsi Notebook?

[Infografis] Apakah Tablet Menggeser Fungsi Notebook?

Tablet merupakan sebuah perangkat yang menjembatani antara sebuah notebook dan smartphone. Portabel, multiguna, dan modern adalah tiga faktor yang menurut saya menjadi daya tarik si tablet ini. Perusahaan besarpun sudah mulai menyarankan pegawainya menggunakan tablet sebagai pendamping mereka saat pegawainya berpergian. Sampai sampai ada juga yang secara optimis berpendapat kalau tablet bisa menggantikan fungsi notebook.

Mungkin secara harfiah tablet menggantikan fungsi notebook serasa tidak mungkin. Saya rasa notebook masih menjadi pilihan utama untuk mengerjakan “tugas” secara mobile. Tetapi saya cukup setuju jika dalam hal mobilitas, tablet lebih unggul daripada notebook.

Berikut adalah sebuah infografis dari Socialcast yang memperlihatkan aktifitas pengguna tablet dan perkembangan tablet di dunia. Di sini kita bisa melihat sebenarnya tablet itu digunakan untuk hal yang bagaimana. Dan kita bisa melihat mengapa tablet belum bisa menggantikan notebook.

Kita bisa melihat beberapa poin penting dari infografis di atas:

  • Jumlah pengkapalan tablet secara global mencapai angka 15,1 Juta unit di kuartal 2 tahun 2011. Jumlah ini berkembang pesat dari jumlah sebelumnya yaitu 3,5 juta unit di tahun lalu. Angka ini menunjukan tren yang sangat postif dan proses adaptasi yang cepat.
  • Di tahun 2015, ekspektasi penjualan tablet adalah sebesar 82 juta unit di wilayah Amerika Serikat.
  • Pemain utama masih dipegang oleh Apple dengan iPad, kemudian bermacam tablet berbasis Android, kemudian ada Windows tablet dan QNX (Playbook).
  • Melakukan cek email menjadi hal yang paling sering dilakukan saat menggunakan tablet.
  • 72% perusahaan di Amerika Serikat sudah menggunakan tablet. Ini juga menunjukan tingkat adopsi yang cukup tinggi.

Tablet memang sangat berguna dan sangat efisien serta praktis saat digunakan. Tetapi seperti yang telah saya katakan, notebook masih akan menjadi pilihan utama untuk pengguna yang mobile dan memiliki pekerjaan yang “berat”. Sedangkan tablet akan menjadi pendamping dan pelengkap notebook.