Categories: Berita

Infografis : Popularitas Social Games di Facebook

Saya lahir di tahun 1988 dan itu berarti umur saya masih dikisaran 20 tahun. Tapi, jika saya melihat permainan di masa kecil saya dengan saat ini, entah kenapa saya jadi merasa sangat tua. Permainan yang paling canggih yang pernah saya mainkan pada waktu SD adalah gameboy dan super nintendo (SNES). Untuk game mobile yang paling ok waktu itu adalah SNAKE yang dimainkan di handphone sebesar batu bata, Nokia 5110 :) . Saya lebih suka bermain petak umpet atau layang-layang. Dan kalau kita bandingkan sekarang, mobile game sangat mendominasi, ditambah social game yang bisa dimainkan di PC, ataupun mobile handset. Nah kalau kita berbicara mengenai social game maka tidak akan lepas dari yang namanya Facebook. Jadi kenapa social games di Facebook sangat populer?

Bisa dibayangkan salah satu social games di Facebook dapat menjaring 40 jutaan pengguna aktif per bulannya. Angka ini kurang lebih 10 kali lipat dari jumlah penduduk di Singapura, jumlah yang cukup besar dalam waktu satu bulan. Mereka menjadi sangat populer karena permainan yang ditawarkan memiliki faktor-faktor pelepas stres, relaksasi, stimulasi mental, dan interaksi sosial. Kesemua faktor tersebut berhasil dibungkus secara menarik baik dari kulitas grafis dan alur game yang dinamis.

Berikut saya menemukan infografis mengenai fakta-fakta mengenai social games yang ada di Facebook. Mulai dari game-game terlaris, perilaku pasar, sisi ekonomi dan lain lain. Semoga bias membuat motivasi bagi para pengembang social game di Indonesia untuk terus fokus membuat produk social game yang laku dipasaran lokal maupun dunia.

Share
Published by
Putra Setia Utama

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019