Inspedio Studio – Perusahaan TI yang Memulai Karirnya Dengan Mengembangkan Game Nokia S40

Inspedio Studio – Perusahaan TI yang Memulai Karirnya Dengan Mengembangkan Game Nokia S40

inspedio studio

Salah satu sistem operasi buatan Nokia yang masih sukses, dan digunakan oleh banyak orang hingga saat ini adalah Nokia S40. Bisa dibilang pengembang aplikasi dan game banyak yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi maupun game dalam Nokia S40 ini. Salah satu pengembang game yang masih mengembangkan game di Nokia S40 adalah Inspedio Studio.

Inspedio Studio ini sebeneranya sudah dimulai sejak tahun 2012 di Bandung, namun mulai fokus dan resmi dalam mengembangkan game pada tanggal 9 September 2013. Kini Inspedio Studio ini dipegang oleh dua orang perintis awalnya yaitu Wafi sebagai programmer serta merangkap produser, dan Haryus sebagai sound engineer.

Dalam pengembangan produk Inspedio Studio sendiri, rata-rata hanya dikerjakan oleh dua orang perintis awalnya. Namun apabila tim membutuhkan tambahan artist maupun programmer maka biasanya akan merekrut orang secara outsource.

tim inspedio

Salah satu produk game buatannya yang cukup terkenal di Nokia Store adalah Sketch Fighter. Game yang satu ini berjenis pertarungan dengan nuansa sketsa hitam putih dimana pemainnya bertugas untuk meningkatkan kemampuan petarungnya setiap akan bertarung dengan musuh yang memiliki level kemampuan semakin tinggi.

Untuk game lainnya di Nokia Store, perusahaan ini pun memiliki tiga game lagi yang terdiri dari Bunny Rush yang menceritakan tentang kelinci yang sedang mencari makan, Jelly Mix yang memungkinkan pemainnya untuk mengkombinasikan jeli dengan jeli lainnya, dan Kite Master yang merupakan permainan layangan untuk menghadapi musuh yang menghadang.

Selain membuat game, Inspedio Studio ini pun merilis game engine untuk platform Nokia S40 yang bernama Inspedio Engine. Bisa dibilang game engine yang satu ini cocok untuk pengembang game pemula karena dapat belajar struktur pemrograman yang telah tersedia. Selain itu, Inspedio Engine ini sudah bisa melakukan integrasi In-App-Purchase.

Dalam menghasilkan pendapatan, Inspedio Studio memiliki beberapa metode seperti In-App-Purchase dengan jasa Tequila, Iklan dengan jasa Vserv, Try & Buy, dan bekerjasama dengan investor. Untuk game yang menggunakan metode In-App-Purchase ini adalah Sketch Fighter. Sedangkan game yang menggunakan iklan terdiri dari Bunny Rush Free, Kite Master Free, serta Jelly Mix Free, dan game yang menggunakan metode Try & Buy terdiri dari Bunny Rush serta Jelly Mix.

Untuk pendapatannya dari hasil kerjasama dengan investor, Inspedio Studio mendapatkan dana untuk biaya produksi selama 2 tahun. Dalam kesepakatan antara Inspedio Studio dengan pihak investor akan menggunakan cara berbagi hasil dan target capaian yang harus didapatkan oleh game buatan perusahaan tersebut.

Hingga saat ini, Inspedio Studio masih fokus terhadap produksi game sendiri di platform Nokia S40. Namun untuk kedepannya studio ini pun ingin mengembangkan game buatannya di platform lain seperti Android, Nokia X, Windows Phone, dan iOS.

Sebagai bocoran, beberapa waktu lagi perusahaan ini akan meluncurkan game terbarunya yang berjenis RPG dengan nama kode Monster Quest.

aplikasi inspedio