Intel Developer Program untuk Internet of Things

Intel Developer Program untuk Internet of Things

Intel Developer Program untuk Internet of Things adalah sebuah program komprehensif untuk para penggemar, pelajar, dan pengembang yang juga pengusaha dalam memberikan semua yang pengembang aplikasi butuhkan untuk dengan cepat mengubah ide menjadi aplikasi untuk Internet of Things.

Program ini mencakup:

  1. Intel Galileo Development Kit untuk IoT ‚Äď Yang pertama dari beberapa paket pengembangan IoT berbasis Intel. Paket ini sudah termasuk:
    • Peralatan pengembangan terbaik di kelasnya yang berkembang sejalan dengan kamu, mulai dari aplikasi prototype hingga komersil dalam satu kerangka pengembangan, dilisensikan untuk penggunaan non-komersil: Yocto Application Developer Toolkit, Intel System Studio, Wind River VxWorks, dan Wind River Workbench yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan di semua arsitektur Intel, mulai dari teknologi Intel Quark hingga keluarga prosesor Xeon yang menggunakan binary yang sama atau dikompilasi ulang untuk kecepatan
    • Papan pengembangan Intel Galileo yang kompatibel¬†dengan Arduino
  1. IoT Analytics Platform as a Service ‚Äď Platform pemrosesan data berbasis cloud¬†yang membuat pengembangan dan penyebaran aplikasi IoT pada cloud¬†secara cepat, mudah, dan aman.
    • Mengurangi kompleksitas integrasi data dengan IoT Analytics Agent di Galileo yang mencerna dan mentransfer data secara aman dari pusat sensor ke cloud.
    • Menskalakan¬†dan mengamankan volume data IoT yang meningkat menggunakan Intel Data Platform yang berbasis pada Apache Hadoop yang berjalan pada awan.
    • Memungkinkan aplikasi IoT untuk menanggapi peristiwa-peristiwa secara cerdas dengan peralatan pemrosesan data yang mengumpulkan, mengubah, menyimpan, memvisualisasi sensor data, dan sebuah mesin aturan yang menyediakan kemampuan yang kuat untuk memicu aksis berbasis pola peristiwa.
  1. Mashery API Network dengan akses ke lebih dari 50 RESTful API bertenaga Mashery menggunakan satu ID.
  2. IoT Developer Zone ‚Äď Komunitas perangkat lunak online baru untuk menjelajahi, membuat, dan berbagi solusi IoT. Gabung dengan komunitasnya di software.intel.com/IoT.
  3. IoT Explorer Challenge ‚Äď Seri hackathon global dengan hadiah yang menarik, di antaranya adalah berwisata, uang tunai, dan dukungan Go-to-market:
    • Polar Expedition oleh Quark Expeditions
    • Himalaya Heli Safari Tour
    • Seven Wonders of the World Tour
  1. Academic Program ‚Äď Intel bekerja sama dengan universitas-universitas terbaik¬†beserta profesor-profesor mereka untuk memungkinkan kurikulum dan menginspirasi pelajar untuk mengembangkan aplikasi inovatif di teknologi Internet of Things Intel. Harvard, Carnegie Mellon, dan tiga universitas di Brazil: Universitas Campinas, Universitas Federal S√£o Carlos, dan Universitas Federal Rio Grande do Sul adalah bagian dari universitas-universitas yang mengumumkan dukungan mereka untuk program ini. Program ini adalah program komplementer dari komitmen Intel yang sebelumnya pernah diumumkan dalam menyediakan 50.000 papan Galileo ke universitas-universitas di seluruh dunia.
  2. 20 City Roadshow ‚Äď Rangkaian hackathon dan meetup lokal di seluruh dunia yang akan mengumpulkan para pengembang untuk menampilkan dan berbagi ide. Lima ribu Intel Galileo Development Kit untuk IoT akan disediakan untuk pengembang yang mengikuti acaranya untuk mendukung inovasi yang luas dan mendorong partisipasi di IoT Explorer Challenge.

 
Perangkat Keras:

Papan pengembangan Intel Galileo Papan pengembangan Intel Galileo adalah produk pertama dalam keluarga baru papan pengembangan berbasis aristektur Intel yang cocok dengan Arduino. Platform ini mudah digunakan bagi desainer baru dan bagi mereka yang sedang mencoba membawa desain ke level berikutnya.
Add-ons Berbagai macam add-on untuk memungkinkan pengembang dalam menggunakan papan pengembangan Intel Galileo untuk berinteraksi dengan dunia di sekitarnya. Versi pertama dari paket ini terdiri dari webcam USB, layar LCD, LED, dan opsi-opsi konektivitas.

 

Perangkat Lunak:

Yocto Linux Sistem operasi Linux lengkap yang dioptimalkan untuk Intel Galileo
Hob tool untuk menyesuaikan dengan sistem operasi. Paket pengembangannya sudah dilengkapi dengan image yang siap digunakan dan juga memungkinkan pengembang untuk membuat image tersendiri untuk lingkungan mereka.
Wind River VxWorks VxWorks adalah RTOS tertanam yang commercial off-the-shelf (CTOS) yang mempercepat time-to-market, mengurangi resiko pengembangan, memperpendek jadwal, dan meminimalisir biaya dengan kemampuan canggih dalam multi-inti, keselamatan, keamanan, dan skalabilitas.
Yocto Application Developer Toolkit Termasuk: Sysroot, toolchain, peralatan debugging dan profiling, skrip dukungan emulasi QEMU, plug-in Eclipse, LatencyTOP, PowerTOP, Oprofile, Perf, System Tap, dan Lttng-ust
Intel System Audio Intel System Audio adalah rangkaian peralatan komperehensif dan terintegrasi yang menyajikan pengembang dengan peralatan dan teknologi sistem terdepan untuk membantu mempercepat pengiriman perangkat embedded generasi terbaru yang hemat daya, berperforma tinggi, dan handal.
Wind River Workbench Wind River Workbench adalah rangkaian peralatan pengembangan yang lengkap untuk perangkat lunak yang berjalan di platform Wind River. Peralatan ini menyediakan set peralatan yang komprehensif untuk pengembang agar dapat dengan cepat mengkonfigurasikan sistem operasi, menganalisa dan menyesuaikan perangkat lunak, dan debug seluruh sistem.
IoT Analytics Kit Plaform as a Service IoT Analytics PaaS menyajikan cloud platform back-end yang esensial untuk set pengembangan Intel IoT. Menggunakan IoT Analytics PaaS, pengembang dapat membuat aplikasi yang lebih cerdas berbasis data pada IoT dan menyebarkannya secara lebih cepat. Menyediakan agen IoT di Galileo untuk mencerna dan mengirim data secara aman dari pusat sensor ke cloud. Menyediakan peralatan pemroses data berbasis cloud untuk mengambil, menyimpan, dan memvisualisasikan data dari sensor-sensor. Menyediakan mesin analisa berbasis cloud untuk memicu aksi berbasis pada peristiwa yang terdeteksi dalam aliran data. Menggunakan Intel Data Platform berbasis Apachee Hadoop di cloud. Mendukung banyakan lingkungan pengembangan termasuk NodeJS, Python, Perl, dan Arduino.
Mashery API Network Akses lebih dari 50 RESTful API bertenaga Mashery menggunakan satu ID. API ini menyajikan akses ke layanan cloud pihak ketiga seperti kesehatan dan kebugaran, navigasi dan pemetaan, cuaca, dan lain-lain.
Contoh-Contoh Contoh-contoh termasuk “hello world”, konektifitas cloud¬†melalui API Mashery, dan konektifitas cloud¬†melalui Amazon serta layanan pihak ketiga lainnya.

 

Komunitas:

IoT Explorer ChallengeGlobal Hackathon Competition for Developers Kompetisi global untuk pengembang dalan menjelajahi dan berinovasi dalam aplikasi IoT dengan hadiah yang menarik. Hadiah utama termasuk berwisata, uang tunai, dan dukungan Go-to-market:

  • Polar Expidition oleh Quark Expeditions
  • Himalaya Heli Safari Tour
  • Seven Wonders of the World Tour

Kungjungi software.intel.com/IoT untuk bergabung.

Intel Developer Zone IoT Roadshow Intel Developer Zone IoT Roadshow adalah rangkaian hackathon dan meetup lokal di seluruh dunia yang akan mengumpulkan para pengembang untuk menampilkan dan berbagi ide. Lima ribu Intel Galileo Development Kit untuk IoT akan disediakan untuk pengembang yang mengikuti acaranya untuk mendorong inovasi pengembang pada acara dan setelahnya.
Intel Developer Zone for IoTOn-line Portal and Community Kunjungi software.intel.com/IoT untuk berjelajah, belajar, dan berbagi. Daftarkan diri untuk menerima info terbaru dan  berpartisipasi di Intel IoT World Explorer Challenge. Gabung dengan komunitas pengembang yang berinovasi di sekitar Internet of Things. Dapatkan bantuan, berbagi solusi dan keahlian, dan pelajari apa yang dilakukan oleh orang lain.
IoT Academic Program Intel Software Academic Program untuk Internet of Things bekerja sama dengan universitas-universitas top beserta profesor-profesor mereka untuk memungkinkan kurikulum dan menginspirasi pelajar untuk mengembangkan aplikasi inovatif di teknologi Internet of Things Intel. Harvard, Carnegie Mellon, dan tiga universitas di Brazil: Universitas Campinas, Universitas Federal S√£o Carlos, dan Universitas Federal Rio Grande do Sul.

 

* Artikel ini adalah hasil sindikasi konten dengan Intel Developer Zone dan ditulis oleh Mike Pierce dari Intel. Artikel asli bisa dilihat di link ini.