Intel Edison – Komputer Kecil Inovatif Berukuran SD Card

Intel Edison – Komputer Kecil Inovatif Berukuran SD Card

banner

Pada ajang CES 2014 di Las Vegas kemarin, salah satu vendor prosesor terkemuka Intel menawarkan sesuatu hal yang menarik. Vendor tersebut memamerkan komputer terkecilnya Intel Edison yang memiliki bentuk dan ukuran sebesar SD Card. Dengan bentuknya yang mirip SD Card, komputer ini bisa dibaca oleh SD Card Reader.

Intel Edison ini memang berukuran kecil namun telah dilengkapi dengan prosesor Intel Quark Berinti dua dengan kecepatan 400 MHz, mampu menjalankan konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth. Selain itu komputer ini dapat menjalankan sistem operasi Linux.

Komputer ini sengaja dirancang oleh Intel dengan sistem yang terbuka (open source) agar dapat dikembangkan menjadi produk canggih oleh produsen lainnya. Selain itu Intel Edison telah mempunyai toko aplikasi khusus sehingga membutuhkan dukungan dari pengembang aplikasi seluruh dunia untuk menciptakan aplikasi inovatif untuk membantu orang banyak.

Dalam demonstrasinya Intel Edison di CES 2014, perusahaan Intel bekerjasama dengan Rest Device mengembangkan sebuah perangkat canggih pertamanya bernama Mimo Baby Monitor. Perangkat ini terdiri dari baju sensor terhubung dengan tubuh bayi yang dapat mendeteksi detak jantung, suhu tubuh, pergerakan bayi dan pernafasan.

all

Intel Edison dan Perangkat Mimo Baby Monitor

Ketika bayi terbangun maupun bergerak akan menandakan saatnya bayi untuk makan, maka otomatis akan memberikan sinyal kepada perangkat satunya lagi, botol susu yang telah dipasangi Intel Edison untuk menghangatkan susu secara otomatis agar bayi bisa meminumnya.

Tentunya dengan kehadiran Intel Edison ini diharapkan akan bermunculan inovasi perangkat pintar yang akan membantu pekerjaan rumah maupun sehari-hari. Intel Edison ini akan segera dirilis dan dipasarkan pada pertengahan tahun 2014.