Intel Kenalkan Intel Core Generasi Ke-10

Intel Kenalkan Intel Core Generasi Ke-10

Intel Generasi Ke-10 header[Ilustrasi Oleh Intel]

Membuka bulan Agustus 2019, Intel memperkenalkan jajaran baru prosesor buatannya. Mengusung kode nama “Ice Lake”, prosesor generasi kesepuluh ini dirancang secara khusus untuk perangkat laptop, khususnya untuk perangkat yang menggunakan desain hibrida.

Terdapat sebelas prosesor yang dikenalkan oleh Intel melalui pengumumannya, termasuk Intel Core i7-1068G7, i7-1065G7, i5-1035G7, i5-1035G4, i5-1035G1, dan i3-1005G1 untuk Y Series, serta Core i7-1060G7, i5-1030G7, i5-1030G4, i3-1000G4, dan i3-1000G1 untuk U Series.

Dibangun berdasarkan teknologi pabrikasi 10 nm, kesebelas prosesor tersebut dirancang untuk menghadirkan kecerdasan buatan berkinerja tinggi, arsitektur grafis terbaru, dan konektivitas terbaik, yang terintegrasi ke dalam sebuah SoC (System on Chip).

Untuk pertama kalinya bagi Intel, mereka membangun prosesor yang didesain untuk mengakomodasi sistem kecerdasan buatan. Di jajaran prosesor baru ini, mereka menyematkan berbagai macam fitur dan kemampuan untuk kinerja cerdas yang dibutuhkan oleh aplikasi modern.

Di dalam prosesor yang diperkenalkannya ini, mereka menyematkan fitur seperti Intel Deep Learning Boost (untuk menghadirkan respons maksimum di berbagai aktivitas), GPU hingga satu teraflop, serta Intel GNA (Gaussian & Neural Accelerator) – kemampuan khusus untuk menangani beban kerja dari belakang layar.

Intel generasi kesepuluh ini juga dilengkapi dengan arsitektur grafis generasi 11, yang mendukung tampilan standar VESA’s Adaptive Sync dan spesifikasi BT.2020, sehingga akan menawarkan kinerja grafis yang lebih baik untuk segala macam kebutuhan.

Berkat perkembangan teknologi papan yang terintegrasi yang lebih baik, jajaran prosesor Intel Core generasi Ke-10 ini juga sudah dilengkapi dengan konektivitas Intel Wi-Fi 6 (Gig+), dan mendukung hingga empat buah port Thunderbolt 3, yakni konektor USB Type-C serba guna dan tercepat yang pernah ada.

“Rangkaian prosesor Intel Core Generasi ke-10 ini mengubah paradigma tentang apa arti dari kepemimpinan pada platform mobile PC,” tutur Chris Walker selaku Corporate Vice President sekaligus General Manager Mobility Client Platforms di Client Computing Group Intel, “kami membuka jalan bagi berbagai macam pengalaman terbaru dan inovasi di industri laptop.”

Pengumuman ini hanya permulaan bagi Intel. Mereka menyebutkan akan menambah beberapa prosesor baru ke dalam jajaran Intel Core Generasi ke-10, termasuk dengan Intel® vProTM platform yang didesain khusus untuk kebutuhan bisnis.