Intel Kenalkan Platform Deep Learning Terdistribusi Bernama Nauta

Intel Kenalkan Platform Deep Learning Terdistribusi Bernama Nauta

Intel Nauta Deep Learning Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Mengikuti jejak perusahaan lain, perusahaan Intel pun merilis platform Nauta secara open source. Bagi yang belum tahu, platform ini merupakan platform deep learning yang didistribusikan pada banyak server menggunakan teknologi seperti Kubernetes atau Docker.

Pengembang pun akan sangat dimudahkan dengan menggunakan platform deep learning ini. Pasalnya, platform Nauta bisa beroperasi pada banyak framework machine learning populer, seperti MXNet, TensorFlow, dan PyTorch.

Platform deep learning buatan Intel ini secara khusus bahkan bisa beroperasi menggunakan berbagai sistem pemrosesan yang dapat bekerja pada sekumpulan CPU Intel Xeon.

Sementara itu, Intel pun memberikan keleluasaan lebih bagi para pengembang dalam mengakses hasilnya. Semua hasil dari percobaan yang dilakukan menggunakan Nauta dapat dilihat menggunakan beberapa cara, termasuk dengan menggunakan TensorBoard, kode baris perintah, atau antarmuka pengguna web yang dimiliki Nauta.

Intel mengklaim bahwa platform deep learning terbaru buatannya ini merupakan solusi di level bisnis, yang secara khusus ditujukan bagi mereka yang membutuhkan solusi deep learning dalam melatih berbagai macam model yang akan diproduksi.

Melalui halaman blog-nya, Intel menegaskan bahwa penggunanya dapat menentukan dan menjadwalkan eksperimen deep learning menggunakan Kubernetes, baik untuk node tunggal atau node yang berjumlah lebih banyak.

Dengan Nauta, para pengguna juga dapat mengecek status maupun hasil eksperimennya, supaya mereka  dapat mengatur dan menjalankan eksperimen tambahan, atau menyiapkan model terlatih untuk diproduksi.

Sebagai tambahan informasi, Kubernetes atau Docker merupakan sebuah pendekatan yang memungkinkan para praktisi untuk memilih antara produksi kecerdasan buatan melalui server atau melalui cloud.

Dengan begitu, seperti halnya platform deep learning terdistribusi lain, Nauta pun mendukung tim yang berisi ilmuwan data dan praktisi kecerdasan buatan untuk berkolaborasi dan bekerja sama mengembangkan solusi.

Platform baru ini dilengkapi dengan banyak fitur seperti premade tools, scripts, model templates, batch inference atau streaming inference, yang secara bebas bisa dikostumisasi pengguna dalam melakukan pengujian terhadap model.

Intel sendiri berjanji akan senantiasa meningkatkan kemampuan dari platform deep learning ini sepanjang tahun 2019. Dan bagi para pengembang yang penasaran mengenai platform ini, informasi lebih lengkap mengenai Nauta dapat dilihat melalui halaman GitHub berikut ini.

[Sumber: Venturebeat]