Intel Rilis Dua Kamera 3D Intel RealSense Untuk Para Maker dan Edukator

Intel Rilis Dua Kamera 3D Intel RealSense Untuk Para Maker dan Edukator

Intel RealSense 400 Series Header

Teknojurnal – Nampaknya invasi Intel dalam bidang teknologi kamera tiga dimensi tidak akan surut. Kemarin, tepatnya tanggal 18 Januari 2018, Intel merilis dua buah kamera 3D yang siap untuk digunakan pada perangkat atau mesin apapun.

Dua perangkat kamera tersebut adalah Intel RealSense D415 dan D435, yang akan meneruskan tradisi dari teknologi yang diusung Intel RealSense. Intel RealSense merupakan teknologi kamera 3D yang dapat membedakan kedalaman saat digunakan mengambil gambar.

Kedua ponsel tersebut dibekali dengan prosesor terbaru RealSense Vision D4. Dengan prosesor ini, Intel RealSense D415 dan D435 mampu memberikan kemampuan pengolahan kedalaman secara real-time dengan lebih baik dan juga dapat diakses dengan menggunakan USB.

Menariknya, dua model kamera Intel RealSense tersebut dapat bekerja dalam kondisi cahaya apapun, baik dalam cahaya indoor maupun outdoor.

Dengan hal ini, kamera ini dapat dimanfaatkan pada banyak mesin yang membutuhkan kamera untuk membaca kedalaman. Termasuk di dalamnya adalah drone dan robot yang ingin dilengkapi fitur Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality.

https://youtu.be/E5feqYIQA0o

Intel menyatakan bahwa perangkat kamera Intel RealSense D415 dan D435 ditujukan tidak hanya untuk pengembang maupun manufaktur. Namun, perangkat ini juga dirancang agar dapat digunakan oleh para maker dan edukator, ditunjukkan dengan kemudahan untuk menggunakannya. Pengguna hanya perlu menghubungkan perangkat kamera dengan mesin, kemudian kamera akan segera bekerja.

Vice President dari Intel RealSense, Sagi Ben Moshe, dikutip dalam Engadget menyatakan bahwa kebanyakan perangkat dan mesin saat ini masih menggunakan pengolahan citra komputer berbasis gambar 2 dimensi. Namun dengan menggunakan teknologi Intel RealSense, Intel mendefinisikan ulang teknologi penglihatan masa depan.

Dengan teknologi kamera tiga dimensi yang siap digunakan ini, tidak hanya akan memudahkan pengembang dalam membangun sistem pengukuran kedalaman tiga dimensi, tapi juga siap untuk diimplementasikan ke produk dalam skala besar.

Intel RealSense D415 dan D435 juga hadir bersamaan dengan Intel RealSense SDK 2.0. Dan pada pembaruan ini, SDK yang ditujukan untuk pengembangan teknologi RealSense ini dibangun lintas platform, dan juga dirilis dengan sumber terbuka.

Intel RealSense D415 datang sebagai perangkat yang dapat mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih sempit, sedangkan D435 dapat mengambil sudut yang lebih luas. Kamera Intel RealSense D415 dan D435 saat ini telah tersedia dalam pre-order dengan harga kisaran 149 Dolar dan 145 Dolar.

[Sumber: Engadget]