Categories: BeritaDeveloper

Jumlah Download Aplikasi di Google Play Store Kalahkan Apple App Store Pada Tahun 2015

Sudah tak asing lagi untuk pasar smartphone di dunia, masih didominasi oleh sistem operasi Android dan sistem operasi iOS. Pada tahun 2015, menurut data dari App Annie menyatakan bahwa aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna smartphone berasal dari Goolge Play Store. Selanjutnya disusul oleh pengguna Apple App Store yang berada di bawahnya.

Menurut data tahun lalu, tercatat 60% jumlah pengguna yang mengunduh aplikasi pada Google Play Store lebih banyak daripada pengguna yang mengunduh pada Apple App Store. Pertumbuhan ini melebar hampir 100% pada tahun 2015. Perbedaan besar ini bisa menjadi tanda sebagai awal dari perubahan besar dalam pasarĀ mobile, termasuk peningkatan substansial dari pangsa Android dari pengeluaran iklan mobile.

Peningkatan jumlah pengunduh yang signifikan pada Google Play Store diseluruh dunia terutama berasal dari negara berkembang seperti Brazil, India, Indonesia, Turki dan Meksiko. Fakta yang tercatat pada data dari App Annie memaparkan bahwa pada Q1 2015 dan Q3 2015, kelima negara tersebut menyumbang hampir setengah dari tahun ke tahun pertumbuhan download pada Google Play Store.

Meskipun dari sisi jumlah pengguna yang mengunduh aplikasi pada Apple App Store belum sebanyak pengguna yang mengunduh pada Google Play Store, tetapi menurut data grafik di atas terlihat bahwa dari sisi pendapatan iOS berhasil menikmati pertumbuhan yang sangat pesat jauh dari pendapatan Google Play Store. Pertumbuhan ini didorong oleh negara Tiongkok, Amerika Serikat, dan Jepang yang memberikan kontribusi hampir 90% dari pertumbuhan pendapatan Apple App Store dari tahun ke tahunnya.

Jumlah pengguna yang mengunduh aplikasi Android sangatlah pesat, terutama di negara Indonesia. Hal ini bisa menjadi pasar yang sangat baik salah satunya bagi para publisher atau orang yang ingin mengiklankan produknya pada aplikasi android. Selain itu, ini merupakan kesempatan baik bagi para developer Android untuk mendapatkan keuntungan dari aplikasi android yang telah dipasang iklan.

Selain itu, pendapatan yang meningkat dari yang didapatkan Apple App Store bisa menjadi lahan bagi para developer untuk membuat aplikasi pada sistem operasi iOS. Daya beli para pengguna iOS yang sangat tinggi dapat memberikan kesempatan bagi para developer untuk mencoba mencari pendapatan dengan membuat aplikasi berbayar atau berlangganan pada sistem operasi iOS.

Bagi pembaca yang ingin mengetahui data lengkap mengenai data tersebut silahkan unduh pada situs resmiĀ AppAnnie

Share
Published by
Riswan Abidin

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019