Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

kelebihan-bahasa-pemrograman-go-banner[Sumber: Flickr]

Bahasa pemrograman Go atau biasa disebut dengan Golang merupakan salah satu bahasa pemrograman baru yang dapat dipelajari di tahun 2016 ini. Kelebihan bahasa pemrograman Go dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembuat program untuk mempelajarinya dan bahkan mengaplikasikannya dalam mengembangkan sebuah program.

Bahasa pemrograman Go merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh tiga karyawan Google yaitu Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson. Bahasa pemrograman ini dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah pengambangan dengan menciptakan bahasa pemrograman yang sederhana, dapat diandalkan, dan efisien.

Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan dengan basis bahasa pemrograman C. Bahasa pemrograman ini menggunakan sintaks dasar bahasa pemrograman C dengan peningkatan signifikan dengan beberapa masukan yang diambil dari Pascal, Modula, Oberon, serta ditambahkan dengan ide-ide dari bahasa pemrograman seperti Newsqueak dan Limbo.

Bahasa pemrograman ini menggunakan paket dan deklarasi yang diusung oleh keluarga bahasa Pascal, Modula, dan Oberon. Sedangkan dari Newsqueak dan Limbo, bahasa ini mengambil ide untuk menanamkan penyelaras program dalam bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman Go merupakan sebuah bahasa open-source yang diumumkan untuk pertama kali pada tahun 2009. Dan sampai saat ini, bahasa pemrograman ini digunakan oleh banyak perusahaan dalam mengembangkan berbagai macam aplikasinya. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain adalah Dropbox, SoundCloud, CloudFlare, Docker, Cloud Foundry dan Google sendiri.

Banyaknya perusahaan yang tertarik untuk mengembangkan platformnya dengan menggunakan bahasa pemrograman Go, tentu dipengaruhi oleh kelebihan bahasa pemrograman Go itu sendiri. Kelebihan bahasa pemrograman Go yang menjadi daya tarik untuk dipelajariย antara lain adalah

Fast

kelebihan-bahasa-pemrograman-go-1[Sumber: Pexels]

Salah satu kelebihan bahasa pemrograman Go adalah kecepatan yang ditawarkannya. Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa yang cukup cepat dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang biasa digunakan oleh para developer atau pembuat program lainnya.

Bahasa pemrogramn Go merupakan compiled language yang sangat disiplin. Bahasa pemrograman ini tidak akan mengizinkan penggunanya untuk menghamburkan variabel atau data-data impor yang tidak digunakan.

Akan tetapi, pengguna tetap harus menuliskan type dalam program yang akan dibuat, dimana type ini akan menjadi sebuah simpulan bukan menjadi sebuah deklarasi atau inisiasi dari siklus yang digunakan pada bahasa pemrograman konvensioal.

Tidak hanya dari segi berjalannya program yang dibuat, kecepatan yang diwarkan sebagai kelebihan bahasa pemrograman Go juga dapat dilihat dari proses compiling yang ditawarkan. Bahasa pemrograman ini memiliki compiler yang dapat digunakan untuk mengkompilasi proyek dengan sangat cepat.

Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan secara langsung melalui web. Para developer dapat menggunakan bahasa pemrograman ini, baik itu untuk mengedit program, membuat program, atau menjalankan program melalui web.

Concurrent Programming

kelebihan-bahasa-pemrograman-go-2[Sumber: Wikimedia]

Tidak banyak bahasa pemrograman yang menawarkan concurrency tertanam di dalamnya. Concurrency merupakan kemampuan untuk menyelaraskan proses eksekusi independen. Sedikit berbeda dengan parallelisme yang berkaitan dengan eksekusi, concurrency merupakan hal yang berkaitan dengan struktur proses.

Bahasa pemrograman Go merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menawarkan concurrency yang tertanam di dalamnya. Kelebihan bahasa pemrograman Go ini memiliki sebuah konsep rutinitas untuk memulai penyelarasan pekerjaan (goroutines), konsep channels untuk sinkronisasi dan komunikasi, serta konsep select untuk mengelola banyak jalur bersamaan.