ziliun

Kelebihan Bahasa Pemrograman Perl

[Sumber: Wikimedia]

Terdapat banyak bahasa pemrograman baru dan mulai populer belakangan ini. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat bahasa pemrograman yang lebih tua kalah pamor karena memiliki kelebihan tersendiri, termasuk salah satunya adalah bahasa pemrograman Perl. Kelebihan bahasa pemrograman Perl tidak membuat bahasa pemrograman ini kalah dari bahasa pemrograman baru.

Bahasa pemrograman Perl merupakan sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa pemrograman ini bersifat dinamis dan dapat digunakan untuk mengembangkan banyak jenis aplikasi maupun program.

Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Larry Wall dan dikenalkan untuk pertama kali pada tahun 1987. Bahasa pemrograman Perl merupakan bahasa open-source yang dikembangkan sebagai bahasa scripting untuk mempermudah proses pelaporan.

Seperti kebanyakan bahasa pemrograman yang terdapat di dunia ini, bahasa pemrograman Perl dikembangkan berdasarkan implementasi dari bahasa pemrograman C. Akan tetapi tidak hanya bahasa C yang berpengaruh dalam pengembangan bahasa pemrograman Perl. Shell Script, AWK, dan Sed pun ikut berpengaruh dalam pengembangan fitur-fitur yang diusung bahasa pemrograman Perl.

Bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk membuat berbagai macam hal, diantaranya adalah untuk membuat program yang membutuhkan grafis, untuk mengembangkan sistem administrasi, untuk membuat program jaringan, untuk mengembangkan program keuangan, dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Meskipun susah untuk dibaca, bahasa pemrograman ini memiliki kelebihan yang tidak bisa dikesampingkan. Kelebihan bahasa pemrograman Perl antaralain adalah

Kuat

[Sumber: Flickr]

Bahasa pemrograman Perl merupakan bahasa pemroraman yang kuat. Bahasa pemrograman ini memiliki dukungan yang sangat kuat terhadap bahasa pemrograman fungsional, prosedural, dan berbasis obyek. Selain itu, bahasa ini memiliki ekosistem library yang cukup matang, yaitu sekitar 25.000 modul open-source.

Kelebihan bahasa pemrograman Perl tersebut dilengkapi dengan kompleksitas yang sangat tinggi dari bahasa pemrograman tersebut. Bahasa pemrograman ini mampu digunakan untuk menangani enkripsi data, serta memiliki dukungan terhadap library eksternal dengan bahasa pemrograman C maupun bahasa C++ melalui XS atau SWIG. Bahasa pemrograman ini juga memiliki penerjemah yang dapat ditanamkan pada sistem lain, seperti web server dan database server.

Bahasa pemrograman ini bahkan dijuluki dengan Swiss Army chainsaw-nya bahasa pemrograman karena memiliki sifat yang fleksibel dan kuat. Bahasa pemrograman ini memiliki karakteristik utama yang salah satunya adalah berbagai macam jalan pintas untuk menyelesaikan persoalan-persoalan umum.

Pemrosesan Teks yang Bagus

[Sumber: Pixabay]

Salah satu kelebihan bahasa pemrograman Perl adalah kemampuannya dalam menangani tulisan. Bahasa pemrograman Perl memiliki beberapa karakteristik utama, salah satunya adalah penanganan teks yang sangat baik.

Bahasa pemrograman ini dikembangkan berdasarkan bahasa-bahasa pemrograman yang memiliki fasilitas pengolahan teks yang sangat kuat tanpa adanya batasan panjang data dari Unix command line tool dan dilengkapi dengan kemudahan untuk memanipulasi file berformat text.

Oleh karena itu, salah satu kelebihan bahasa pemrograman Perl juga menawarkan alat yang mampu menangani pemrosesan teks yang kuat, sehingga dapat membuatnya bekerja secara ideal dengan berbagai macam mark-up, termasuk di dalamnya HTML dan XML.

Share
Published by
Sukindar

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019