Kelebihan Bahasa Pemrograman Ruby

Kelebihan Bahasa Pemrograman Ruby

Pemrograman[Sumber: Shutterstock]

Bagi kamu yang ingin mulai belajar membuat kode, bahasa pemrograman Ruby sangat cocok untuk dipelajari untuk pertama kali. Bahasa pemrograman ini memiliki kelebihan yang mirip dengan bahasa pemrograman Python, yaitu mudah dipelajari.

Bahasa Ruby merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dinamis, reflektif, general-purposed, dan berbasis objek. Bahasa ini dirancang dan dikembangkan oleh Yukihiro ‚ÄúMatz‚ÄĚ Matsumoto di Jepang. Sebelum menentukan namanya, Yukihiro memiliki dua nama untuk digunakan bahasa ini yaitu Rubi dan Coral. Akan tetapi, Yukihiro lebih memilih menggunakan Ruby karena sama dengan batu kelahiran dari salah satu koleganya.

Meskipun mudah dipelajari, bahasa ini memiliki fungsi yang sangat luar biasa diantaranya yaitu dapat digunakan untuk membangun Desktop GUI (Graphic User Interfaces), membuat aplikasi web, atau mengembangkan web itu sendiri.

Telah banyak platform yang dibangun menggunakan bahasa ini mulai dari Hulu, Groupon, Airbnb, dan bahkan Twitter. Hal ini tentunya disebabkan karena kelebihan bahasa pemrograman Ruby tersebut.

Terdapat beberapa kelebihan bahasa pemrograman Ruby yang dapat dijadikan sebagai gambaran awal dalam memilih bahasa pemrograman yang tepat, beberapa diantaranya adalah

Mudah Dipelajari

Kelebihan bahasa pemrograman Ruby 1[Sumber: Flickr]

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu kelebihan bahasa pemrograman Ruby adalah mudah untuk dipelajari. Bahkan, dalam infografis bahasa pemrograman ini, bahasa pemrograman Ruby dinyatakan sebagai bahasa pemrograman awal terbaik ketika kamu pertama kali belajar pemrograman.

Oleh Yukihiro, bahasa pemrograman ini dikembangkan agar dapat digunakan secara natural dan mudah untuk dimengerti oleh penggunanya. Selain itu, telah terdapat berbagai macam situs yang telah membahas Ruby, yang dapat digunakan sebagai referensi saat mempelajari bahasa ini.

Library

Kelebihan bahasa pemrograman Ruby 2[Sumber: Flickr]

Selain mudah untuk dipelajari, kelebihan bahasa pemrograman Ruby lainnya juga memiliki kesamaan dengan kelebihan yang dimiliki bahasa Phyton. Bahasa pemrograman Ruby juga menawarkan berbagai macam library perlengkapan yang menakjubkan serta fungsionalitas yang sangat luas.

Dengan kelebihan ini, para developer dapat menggunakan bahasa pemrograman Ruby dengan sangat mudah dalam membangun berbagai macam hal. Para developer tidak harus membuat segala sesuatunya dari awal, mereka dapat menggunakan beberapa library yang sudah ada sebelumnya dalam membangun sebuah kode.

Untuk melihat berbagai macam library tersebut, pembaca dapat mengecek laman RubyGems.org.

Komunitas yang Besr & Berkembang

Kelebihan bahasa pemrograman Ruby 3[Sumber: Pixabay]

Salah satu kriteria yang dapat digunakan untuk memilih bahasa pemrograman yang tepat yaitu melihat seberapa besar komunitasnya. Hal tersebut dikarenakan, dengan adanya komunitas yang besar akan tersedia juga tempat dan sumber belajar yang lebih banyak.

Ruby menawarkan hal ini dalam salah satu kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan bahasa pemrograman Ruby salah satunya adalah memiliki komunitas yang besar. Tidak hanya besar, komunitas-komunitas yang dimiliki oleh bahasa Ruby selalu tumbuh dari waktu ke waktu.

Hampir pada seluruh kota besar di dunia ini, terdapat komunitas yang mengiati bahasa pemrograman Ruby. Komunitas-komunitas tersebut juga sering mengadakan meetup secara rutin di kota-kotanya. Selain itu, bahasa pemrograman Ruby menjadi bahasa yang paling populer pada situs social coding GitHub.