Kelebihan Bahasa Pemrograman Swift

Kelebihan Bahasa Pemrograman Swift

kelebihan-bahasa-pemrograman-swift-banner[Sumber: Pexels]

Terdapat beberapa pilihan bahasa pemrograman yang dapat dipelajari seorang calon pembuat program atau aplikasi untuk teknologi besutan Apple. Bahasa pemrograman Swift mungkin dapat menjadi salah satu pilihannya. Kelebihan bahasa pemrograman Swift dapat menjadi salah satu faktor seseorang memilih bahasa pemrograman tersebut untuk dipelajari.

Bahasa pemrograman Swift merupakan sebuah bahasa pemrograman yang tergolong masih sangat baru. Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman berbasis obyek yang digunakan oleh Apple untuk mengembangkan aplikasi atau programan pada iOS dan OS X. Bahasa pemrograman ini dikembangkan sebagai pengganti dari bahasa pemrograman Objective C.

Bahasa pemrograman Swift merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open-source. Bahasa ini juga menawarkan kemudahan dalam penggunaannya. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Apple dengan mengurangi banyak pemborosan kata dan kekakuan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman lainnya.

Perkembangan bahasa pemrograman Swift juga cukup cepat. Perusahaan Apple selalu meningkatkan kemampuan dari bahasa pemrograman tersebut. Tidak hanya kemampuan dari bahasanya, Apple juga meningkatkan fasilitas yang dapat digunakan untuk mempelajari bahasa pemrograman Swift, baik berupa web atau pun aplikasi.

Bahasa pemrograman ini baru dikenalkan oleh Apple pada acara tahunan WWDC tahun 2014 dan baru dirilis secara open-source pada ajang WWDC tahun 2015. Meski tergolong bahasa pemrograman baru, Swift merupakan bahasa pemrograman yang dilirik oleh banyak perusahaan untuk mengembangkan produk-produknya, termasuk di dalamnya perusahaan raksasa Google, Facebook, dan Uber.

Kelebihan bahasa pemrograman Swift merupakan salah satu faktor perusahaan-perusahaan teknologi tertarik untuk mengembangkan produk-produknya dengan menggunakan bahasa tersebut. Kelebihan bahasa pemrograman Swift antara lain adalah sebai berikut:

Mudah

kelebihan-bahasa-pemrograman-swift-1[Sumber: Pexels] 

Seperti yang dipaparkan sebelumnya. Kelebihan bahasa pemrograman Swift menawarkan kemudahan dalam penggunaannya. Bahasa pemrograman ini merupakan sebuah bahasa pemrograman yang mudah untuk ditulis saat membuat program, maupun untuk dibaca oleh developer atau pembuat program lainnya.

Bahasa pemrograman Swift memiliki kebutuhan sintaks yang lebih sederhana dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Pembuat kode juga dapat membuat sebuah baris kode dengan karakter lebih sedikit dibandingkan bahasa pemrograman untuk membuat sebaris kode dengan fungsi yang sama dengan bahasa lain.

Program yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman Swift akan memiliki panjang baris kode yang lebih pendek dari pada bahasa pemrograman lainnya. Kelebihan bahasa pemrograman Swift ini mengindikasikan bahwa pembuat kode akan dapat membuat program asli tanpa harus membuat berbagai hal tambahan lainnya.

Memiliki Trik yang Menarik

kelebihan-bahasa-pemrograman-swift-2[Sumber: Pexels]

Bahasa pemrograman Swift merupakan sebuah bahasa pemrograman fungsional, sehingga bahasa pemrograman ini memiliki elemen-elemen dari bahasa pemrograman fungsional. Para developer dapat menggunakan berbagai macam trik yang akan mempermudah penulisan kode, seperti untuk membuat fungsi sebagai variabel.

Kelebihan bahasa pemrograman Swift ini akan mendukung kelebihan bahasa pemrograman Swift sebelumnya. Dengan banyaknya trik yang dapat digunakan oleh para developer, tentu pembuatan kode sebuah program akan menjadi semakin mudah.

Lebih Aman

kelebihan-bahasa-pemrograman-swift-3

[Sumber: Flickr]

Bahasa pemrograman Swift merupakan bahasa pemrograman yang tergolong ke dalam bahasa yang aman. Bahasa pemrograman ini memiliki sesuatu yang sangat menarik yaitu ia memiliki manajemen memori yang sangat bagus. Ini membuat para developer tidak perlu takut permasalahan tentang manajemen memori.