Berita

Kiddle – Search Engine Alternatif yang Aman untuk Anak-Anak

[sumber: Flickr]

Tak perlu khawatir lagi, saat ini anak-anak dapat melakukan pencarian konten pada situs-situs di internet dengan aman. Sebuah search engine sedang dikembangkan secara khusus dan didedikasikan untuk anak-anak. Search engine tersebut adalah Kiddle.

Dengan mengusung tema sebuah robot yang seolah-olah akan melindungi anak-anak, Kiddle menawarkan sebuah pencarian yang aman untuk anak-anak. Robot tersebut seolah akan memblokir situs-situs yang tak bersahabat sehingga situs-situs yang akan dimunculkan pada hasil pencarian Kiddle akan memenuhi persyaratan sebagai situs yang ramah terhadap keluarga.

Dalam hal ini Kiddle akan melakukan penyaringan terhadap situs-situs, mengambilnya sendiri, dan mengeceknya dengan editor atau menyaringnya menggunakan Google Safe Search. Dengan begitu, pengguna dapat memperoleh hasil pencarian yang berorientasi pada anak-anak tanpa konten-konten tersembunyi dan menipu.

Selain itu, Kiddle juga akan mengurutkan hasil pencarian dengan membaginya menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah situs yang aman dan ditulis secara khusus untuk anak-anak. Situs-situs yang masuk ke dalam kelompok ini adalah situs-situs yang terpilih oleh editor dari Kiddle. Biasanya, situs-situs ini akan ditampilkan pada baris pertama sampai ketiga pada hasil pencarian.

Kelompok yang kedua adalah kelompok situs-situs yang aman, terpercaya, ditulis sederhana, mudah dipahami anak-anak, tetapi tidak ditulis secara khusus untuk anak-anak. Situs-situs ini juga merupakan hasil penyaringan yang dilakukan oleh editor dari Kiddle. Untuk penempatanya, Situs-situs ini biasanya akan berada pada baris keempat sampai dengan ketujuh pada hasil pencarian.

Kelompok yang terakhir adalah kelompok situs yang disaring secara aman oleh Google Safe Search. Situs-situs pada kelompok ini adalah situs yang ditulis untuk orang dewasa, menyediakan konten ahli, dan lebih sulit dipahami oleh anak-anak. Situs-situs ini biasanya akan berada pada urutan kedelapan dan seterusnya.

Selain konten yang aman, Kiddle juga menawarkan tampilan yang didesain sesuai dengan anak-anak. Mesin pencari ini akan menampilkan Thumbnail yang besar dan jenis huruf Arial yang besar juga. Dengan Thumbnail yang besar, anak-anak akan lebih mudah dalam memindai hasil, membedakannya, dan memilih hasil yang paling tepat. Selain itu, dengan menggunakan huruf yang besar, anak-anak dapat membaca lebih baik dengan hasil-hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang diminta.

Selain itu, Kiddle juga memberikan pilihan jenis konten pada hasil pencarian sesuai dengan keinginan penggunanya seperti search engine lainnya. Anak-anak dapat memilih konten sesuai dengan pilihan sebagai berikut, yaitu Web, Images, News, atau Videos.

Kiddle memiliki fitur-fitur yang cocok untuk anak-anak, akan tetapi hasil pencariannya belum sempurna. Untuk itu, Kiddle memberikan laman khusus yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menambahkan keamanan pencarian anak-anak, dengan menambahkan fitur Site blocking dan Keyword blocking. Dengan fitur ini, pengguna dapat turut serta mengamankan anak-anak dari situs-situs yang tidak sesuai.

Share
Published by
Sukindar

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019