Kini, Fall Creator Update Telah Tersedia Bagi Semua Pengguna Microsoft Windows 10

Kini, Fall Creator Update Telah Tersedia Bagi Semua Pengguna Microsoft Windows 10

Windows 10 Fall Creator Update

Teknojurnal – Microsoft telah mengumumkan bahwa Windows 10 Fall Creator Update (versi 1709) kini tersedia untuk semua perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows 10 secara global.

Mengawali tahun 2018 ini, Microsoft juga membawa kabar yang cukup membanggakan, dimana Windows 10 Fall Creator Update menjadi rilis Windows 10 tercepat dalam menjangkau 100 juta perangkat. Selain itu, Microsoft juga menyebutkan bahwa pembaruan Windows 10 terbaru tersebut juga menjadi salah satu rilis yang mendapatkan peringkat penilaian konsumen yang lebih tinggi dibandingkan dengan versi pembaruan sebelum-sebelumnya.

Pada bulan November 2017 lalu, Venturebeat mengutip bahwa dari sekitar 600 Juta pengguna perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 10, kurang lebih sekitar 20 persennya telah menggunakan pembaruan paling akhir dari Windows 10 Creator Update.

Microsoft Windows 10 merupakan sebuah layanan, dan memiliki perbedaan yang cukup besar jika dibandingkan dengan pendahulu-pendahulunya. Tidak hanya merilis perbaikan bug atau permasalahan lain, pembaruan Windows 10 biasanya juga mengusung beberapa fitur baru.

Windows 10 telah mengalami empat kali pembaruan mayor, yang diantaranya adalah pembaruan November Update, Anniversary Update, Creator Update, dan yang terakhir adalah Fall Creator Update.

Melalui pembaruan-pembaruan tersebut, keamanan menjadi salah satu faktor utama yang diperbaiki oleh Microsoft untuk Windows 10. Microsoft menegaskan bahwa perangkat yang paling aman adalah perangkat yang up-to-date.

Namun implementasi pembaruan untuk Windows 10 biasanya cukup memakan waktu. Untuk Windows 10 Fall Creator Update saja, Microsoft membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk benar-benar siap untuk digunakan.

Rilis Windows 10 Fall Creator Update terbaru ini sebenarnya telah dikenalkan Microsoft sejak bulan Oktober 2017 lalu, namun baru tersedia dan siap untuk diinstal untuk semua penggunanya kemarin, tepatnya tanggal 11 Januari 2018 lalu.

Kenapa bisa begitu lama, Microsoft menegaskan bahwa setiap pembaruan fitur baru dirilis, Microsoft pertama kali akan menargetkan pembaruan tersebut pada komputer-komputer tertentu yang dianggap dapat menjalankan pembaruan dengan baik berdasarkan karakteristik dan pengujian perangkat yang dilakukan oleh Microsoft dan manufaktur mitra kerja samanya.

Microsoft kemudian akan melihat kompabilitas terhadap aplikasi dan perangkat melalui umpan balik permasalahan, serta meresponnya agar sistem dapat menjadi lebih stabil. Dengan proses yang cukup panjang tersebut, Microsoft dapat menambah dan memperluas jenis perangkat yang didukung pembaruan, sembari tetap mempertahankan kualitasnya.

Melalui ketersediaan penuh Windows 10 Fall Creator Update ini, persentase pengguna yang menggunakan pembaruan terbaru Windows diduga akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan minggu depan.

Setelah tanggal 18 Januari 2018 mendatang, edisi Windows 10 Pro dan Windows 10 Enterprise akan memperoleh pembaruan otomatis dari Windows Update ke versi 1709. Namun, jika Anda tidak sabar untuk menantinnya, Anda dapat mengunduh Windows 10 Update Assistant melalui laman berikut ini untuk memperbaruinya secara manual.

[Sumber: Venturebeat]