Kini Foto 360 Derajat Dapat Dilihat di Facebook Dengan Perangkat VR

Kini Foto 360 Derajat Dapat Dilihat di Facebook Dengan Perangkat VR

Facebook 360 foto banner

[sumber: Pixabay]

Beberapa minggu yang lalu, Facebook mengumumkan bahwa platform media social tersebut akan merilis fitur dari Facebook untuk menampilkan foto 360 derajat. Fitur tersebut akhirnya kini telah tersedia dan sedang disebarkan oleh Facebook kepada semua orang.

Dengan fitur baru ini, semua orang kini dapat mengunggah foto 360 derajat dengan mudah, para pengguna cukup mengunggah foto tersebut seperti mengunggah foto biasanya. Para pengguna cukup menangkap gambar berjenis panorama melalui perangkat ponselnya. Atau para pengguna dapat mengambil gambar dengan aplikasi yang ditujukan untuk mengambil foto 360 derajat atau dengan kamera yang mendukung pengambilan foto 360 derajat seperti Ricoh Theta S.

Setelah itu, pengguna dapat mengunggah hasil tangkapan gambarnya seperti mengunggah gambar biasa pada platform Facebook. Selanjutnya, gambar yang telah diunggah akan menampilkan ikon animasi 360 untuk mengindikasikan ke pengguna lain bahwa mereka dapat menggunakannya dengan perangkat VR.

Facebook menyatakan bahwa foto-foto 360 derajat ini dapat dilihat cukup baik dengan perangkat VR. Bagi para pengguna perangkat Samsung dan perangkat kepala Gear VR, pengguna cukup menekan tombol View in VR yang terletak pada sudut kanan atas. Akan tetapi, fitur ini tidak mendukung untuk Google Cardboard.

Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna dengan perangkat pintar iOS dan Android. Dan beberapa foto 360 derajat dari beberapa mitra seperti New York Times dan NASA dapat dilihat melalui Web, iOS, dan Android.

[via The Next Web]