Koprol Dilirik Presiden SBY – Tanda-Tanda Pemerintah Semakin Tertarik Dengan Dunia Startup?

Koprol Dilirik Presiden SBY – Tanda-Tanda Pemerintah Semakin Tertarik Dengan Dunia Startup?

Logo KoprolSiapa yang tidak tahu Koprol? Koprol, salah satu startup lokal yang sukses dan kemudian diakuisisi oleh Yahoo adalah salah satu penggerak gelombang startup di Indonesia. Kali ini Koprol ternyata juga dilirik oleh presiden SBY. Hal tersebut terlihat pada pidato pembukaan SBY di The 7th Annual International Conference Of the Overseas Private Investment Corporation (OPIC) hari rabu lalu di Jakarta.

Berikut adalah kutipan pidato presiden SBY di acara tersebut dari The Jakarta Post:

Salah satu perusahaan startup Indonesia, Koprol, belum lama ini dibeli Yahoo. Ketika duta besar kami menanyakannya kepada Yahoo mengenai kualitas teknologi baru dari Indonesia, eksekutif Yahoo menjawab bahwa sumber daya manusia Indonesia sebaik orang-orang kami di Silicon Valley

Ketertarikan presiden SBY pada Koprol serta dunia startup Indonesia menurut saya adalah sebuah apresiasi yang cukup bagus. Ini membuktikan bahwa startup-startup Indonesia mempunyai pengaruh yang tidak kecil pada pergerakan ekonomi Indonesia. Namun begitu dari saya pribadi untuk saat ini pemerintah tidak perlu untuk terlalu ikut campur dalam perkembangan startup Indonesia. Bentuk apresiasi seperti ini sudah bagus sebetulnya sehingga para startup tidak merasa diacuhkan oleh pemerintah.

Kembali ke Koprol, eks-startup yang satu ini terus selalu memberikan kejutan. Perkembangan Koprol hingga sekarang ini bisa dijadikan panutan untuk para startup lainnya. Kalau mau tahu lebih dalam perkembangan Koprol bisa dibaca di artikel ini atau bisa lihat video podcast ini.

* sumber : Kompas dan The Jakarta Post