Kunjungan #StartupLokal di Irlandia

Kunjungan #StartupLokal di Irlandia

Sanny Gaddafi Artikel ini merupakan guest post dari Sanny Gaddafi. Ia adalah salah satu inisiator komunitas #StartupLokal konsultan dan sudah lama berkutat di dunia startup. Beberapa startup yang ia kembangkan di antaranya adalah fupei.com, bundagaul.com, dan sixreps.com. Selain itu juga ia menjabat sebagai Developer Relation di Nexian.

Saya sebagai salah satu inisiator dari #StartupLokal bersama dengan inisiator lainnya Natali ArdiantoAulia Halimatussadiah dan Nuniek Tirta Sari, mendapatkan undangan dari Enterprise Ireland untuk berkunjung ke negara Irlandia dan melihat ekosistem startup disana sebagai bahan pelajaran kami di sini dalam membangun ekosistem startup lokal Indonesia. Mereka sangat terkesan dengan perkembangan komunitas #StartupLokal dan ingin mengenalkan perkembangan komunitas yang sama di negara mereka dan berharap akan adanya kerjasama antara dua ekosistem ini.

Hari pertama kami dimulai dengan kunjungan ke Ireland Enterprise, sebuah perusahaan negara yang menjadi pendukung segala bisnis penduduk Irlandia mulai dari level startup, membantu proses inovasi bahkan sampai dengan akses ke pasar global, sebuah langkah pemerintah yang sangat bagus yang mengajak penduduknya untuk selalu berinovasi dan memberikan semangat wiraswasta tanpa batas. Yang sangat menarik disini adalah, Ireland Enterprise memiliki program dengan nama High Potential Start Up (HPSU), dimana mereka membuat sebuah proses pengembangan startup khusus untuk penduduk Irlandia, mulai dari pemberian modal usaha sampai dengan akses kepasar global dibawah bimbingan langsung dari pemerintah tanpa ikut campur dalam proses operasionalnya. Ireland Enterprise akan melakukan review perusahaannya, sejauh mana inovasi perusahaan tersebut bisa dilakukan, apakah memberikan lapangan pekerjaan kepada penduduk Irlandia lainnya (minimal 10 pekerja dalam waktu 3 tahun), apakah menghasilkan revenue (minimal 1 juta euro dalam waktu 3 tahun), dan yang paling menarik lagi disini adalah memiliki kemampuan untuk export (mengingat sumber daya alam mereka yang tidak sebesar Indonesia dan semangat export ini ditanamkan benar-benar disetiap penduduknya, sampai-sampai kalo foto mereka berteriak “export!”). Guideline HSPU ini yang menurut saya sangat bagus untuk bisa diterapkan di #StartupLokal, pelajaran yang sangat berharga menurut saya. Let’s Start Up!

Saya juga bertemu dengan para inisiator Ireland Web Summit, yang merupakan komunitas yang sama seperti #StartupLokal, yang memberikan inspirasi penamaan event besar kami nanti di bulan April, Indonesian Technology Summit, sebuah acara gabungan seluruh komunitas lokal teknologi di Indonesia, mudah-mudahan teman-teman di Irlandia bisa ikut berpartisipasi juga di acara bulan April nanti.

Setelah itu saya bertemu dengan beberapa startup Irlandia mulai dari yang masih level startup sampai dengan yang sudah masuk ke pasar global, keadaan yang membuat saya sangat iri saat itu, bagaimana sebuah perusahaan negara mendukung perusahaan-perusahaan lokalnya walaupun masih dalam tahap startup, untuk maju dan berkembang turun tangan langsung tanpa banyak birokrasi macam-macam dan basa basi. Di depan mata saya seorang pejabat pemerintah menawarkan bahkan memotivasi sebuah startup untuk akses network ke pasar global, “network apapun yang kamu butuhkan, kami sediakan”, respon dalam hati saya saat itu, “wow”.

Saya bertemu dengan mereka semua berharap mendapatkan kesempatan untuk bisa joint venture dengan startup-startup di Indonesia, apabila ada yang tertarik dengan salah satu dari mereka, silahakan hubungi saya, saya sendiri sudah ada beberapa pihak yang bisa saya comblangin, anggap sebagai oleh-oleh untuk kenalan-kenalan saya yang berpotensi untuk joint venture dengan mereka.

Besoknya kami mengunjungi beberapa universitas di Irlandia, ternyata di setiap universitas di sana, mereka memiliki program pengembangan startup (inkubator) masing-masing, setiap universitas memberikan layanan yang berbeda-beda tetapi dengan satu semangat yang sangat jelas, memotivasi penduduk Irlandia untuk menjadi wiraswasta. Di sini saya tekankan penduduk, bukan sekedar mahasiswanya saja, jadi setiap penduduk Irlandia diberikan kesempatan yang sama, tanpa harus menjadi mahasiswa di universitas tersebut untuk mendapatkan dukungan fasilitas dalam mengembangkan startupnya. Lagi-lagi dalam benak saya “wow”. Yang namanya bisnis tetap sebuah bisnis, setiap universitas yang memberikan fasilitas yang berbeda-beda tersebut juga meminta timbal balik yang berbeda-beda juga, jadi setiap perusahaan dapat memiliki alternatif-alternatif yang banyak dalam mengembangkan usahanya, ekosistem yang sangat bagus. Seharian kami berkunjung dari satu universitas ke universitas yang lain.

Di Institute of Technology Tallaght
Diruang laboratorium ITT Dublin Synergy Centre dimana para startup diberi fasilitas laboratorium high tech
di NovaUCD, gedung inkubator University College Dublin
Suasana kampusnya enak banget buat berinovasi, keren
Presentasi yang sangat inspiratif dari Dr. Stephen Brennan di The Digital Hub, orang yg harus diundang datang ke Indonesia
The Digital Hub menggunakan bangunan berumur lebih dari 300 sebagai Hackerspace, keren!

Sungguh sebuah perjalanan yang inspiratif yang memberikan semangat kami para inisiator #StartupLokal untuk terus berusaha menciptakan ekosistem startup yang kuat di Indonesia, mudah2-mudahan apa yang sudah kami pelajari di Irlandia bisa memberikan dampak positif kepada startup-startup di Indonesia. Terima kasih Ireland Enterprise atas undangan dan keramahan yang diberikan kepada kami.

Masih banyak yang ingin saya share secara khusus disini, akan berlanjut di artikel berikutnya.