Permainan Seluler Masih Menjadi Penyumbang Terbesar Pendapatan Aplikasi Seluler

Permainan Seluler Masih Menjadi Penyumbang Terbesar Pendapatan Aplikasi Seluler

Laporan Kuartal Kedua AppAnnie Header[Ilustrasi Oleh Pexels]

Permainan seluler senantiasa tumbuh dari waktu ke waktu. Untuk kuartal kedua Tahun 2019 ini saja, perusahaan analis aplikasi seluler AppAnnie menunjukkan bahwa akun permainan seluler mampu menyentuh angka 75 persen dari total pengeluaran di industri aplikasi seluler.

Yang cukup menarik, dalam laporan yang sama – laporan mengenai tren aplikasi pada kuartal kedua Tahun 2019, AppAnnie mengungkapkan bahwa besarnya pengeluaran tersebut berbanding terbalik dengan jumlah unduhannya, yang mana hanya mencapai sekitar 35 persen dari unduhan total aplikasi seluler.

Secara umum, aplikasi seluler mencapai sebuah milestone baru, di mana total unduhannya mencapai 30,3 miliar dengan total pengeluaran konsumen yang hampir menyentuh USD 22,6 miliar, baik di Google Play store maupun App Store.

Dari total unduhan tersebut, jumlah unduhan Google Play Store mengungguli App Store hingga 185 persen, dengan angka unduhan yang mencapai 22,5 miliar atau naik sekitar 1 persen dibandingkan tahun lalu.

Namun meskipun jumlah unduhan Google Play lebih besar, total dana yang dihabiskan pada iOS jauh lebih banyak. Dalam hal ini, para pengguna perangkat seluler menghabiskan dananya hingga 80 persen lebih banyak di App Store ketimbang di Google Play Store.

Sementara ketika dilihat dari genrenya, permainan Arcade, Aksi, dan Kasual merupakan aplikasi yang paling populer di Google Play Store, sedangkan permainan Arcade, Aksi, dan Puzzle menjadi yang paling populer di App Store.

Namun jika dilihat secara keseluruhan, permainan Kasual seperti Run Race 3D dan Clean Road mampu mendominasi dengan popularitas yang lebih tinggi di banding aplikasi lain pada kedua toko aplikasi tersebut.

Selain itu, terdapat pula aplikasi-aplikasi yang sangat menarik perhatian, seperti Clash of Clans yang berhasil masuk kembali ke daftar sepuluh aplikasi teratas berdasarkan pengeluaran konsumen, Perfect World yang menjadi aplikasi baru tetapi berhasil mencapai nomor tujuh, dan PUBG Mobile yang mempertahankan posisi teratas di pengguna aktif bulanan.

Sementara untuk kategori aplikasi dengan pertumbuhan cepat, Google Play Store dan App Store memiliki sedikit perbedaan. Jika Automotif & Kendaraan, Komik, dan Hiburan menjadi yang tercepat di Google Play, Makanan & Minuman, Pendidikan, dan Keuangan menjadi yang tercepat di App Store.

[Sumber: DigitalTrend]