LINE Indonesia Luncurkan Stiker Lokal Nama-Nama Populer

LINE Indonesia Luncurkan Stiker Lokal Nama-Nama Populer

Stiker Lokal LINE[Ilustrasi Oleh Flickr]

Melihat stiker bertema lokal semakin banyak digemari, LINE Indonesia meluncurkan stiker bertema tentang nama-nama populer yang ada di Indonesia melalui platform kreator miliknya, yakni LINE Creators Market.

Berdasarkan data yang disampaikan LINE Indonesia, stiker karya lokal seperti stiker kata-kata slang, humor lokal, dan dialek lokal telah menembus angka pembelian lebih dari 200.000 sejak Januari 2018, dan selalu menduduki peringkat top stiker terbaik.

Bahkan, beberapa di antaranya telah berhasil berkiprah di luar negeri seperti Milk and Mocha karya Melani Setyowati Santoso, Neneng Gresek karya Junaidi, serta Njul Njel karya Junairdi Satyanagara, yang berhasil menarik hati pengguna di Thailand.

Stiker-stiker tersebut bahkan mampu menempati tiga peringkat stiker terbaik, mengalahkan stiker-stiker IP internasional lainnya. Dalam hal ini, Neneng Gresek berhasil menjadi pemuncak peringkat stiker terbaik di Thailand per tanggal 14 Agustus 2018.

Mengekor kesuksesan stiker-stiker lokal yang semakin banyak digemari tersebut, LINE Indonesia meluncurkan stiker bertema nama-nama populer, seperti yang telah dilakukannya di negara Thailand dan Jepang.

Strategic Partnership dan B2C Director LINE Indonesia Revie Sylviana menjelaskan, “Kami melihat bahwa stiker yang dibuat berdasarkan nama-nama populer akan sangat cocok untuk diluncurkan di Indonesia. Stiker nama ini akan membuat komunikasi menjadi lebih personal dan dekat, seakan stiker ini dibuat khusus untuk sang pemilik nama.”

Dalam proses pembuatannya, LINE Indonesia melakukan beberapa tahapan, seperti melakukan survei untuk mencari nama-nama yang populer, kemudian mengadakan kompetisi platform LINE Creators Market guna menjaring para kreator lokal untuk membuat stiker dengan nama-nama yang telah diperoleh.

Sampai dengan saat ini, telah terpilih beberapa kreator lokal dengan stiker-stiker yang telah dapat diunduh oleh para pengguna sejak 10 Agustus kemarin. Bahkan menurut Revie Sylviana, ada ribuan stiker yang bisa dipilih para pengguna.

“Kualitas lokal kreator kita tidak kalah saing dengan karakter IP internasional lainnya. Sebelumnya, pasar Indonesia banyak didominasi oleh karakter IP internasional. Melalui platform LINE Creators market, kami ingin mendorong semangat kreator lokal untuk terus berkreasi dalam menghadirkan stiker dengan karakter IP yang unik dan kuat yang nantinya bisa kami luncurkan di pasar Internasional,” tambah Revie Sylviana.