Lumia Apps Olympiad – Kompetisi Membuat Aplikasi Windows Phone di Nokia Lumia Berhadiah Lumia 820/920


Para pengembang aplikasi lokal sebelumnya telah banya disuguhi dengan acara seputar pengembangan aplikasi mobile dari Nokia Developer mulai dari The Amazing Nokia Lumia Developer Days, Hackonten, hingga Hacknation. Kini, menjelang penghujung tahun 2012 ini Nokia Developer kembali menyelenggarakan acara sejenis namun berbeda, Lumia Apps Olympiad.

Dari judulnya kompetisinya sudah pasti kompetisi ini adalah membuat aplikasi Windows Phone untuk Nokia Lumia. Kompetisi ini terselenggara berkat kerja sama Nokia Indonesia dan Microsoft serta didukung oleh Radya Labs, Evernote, dan Merah Putih Incubator.

Mirip dengan Hacknation, kompetisi ini terdiri dari beberapa kategori API yang telah ditentukan, yaitu kategori API Evernote, Nokia Maps & Navigation, Nokia Music, Lenses, NFC, XNA, Direct 3D, KrazyMarket, LintasME, MindTalk, Ongkir, SixReps, dan Ipaymu. Peserta nantinya akan ditantang untuk membuat aplikasi yang menarik dan tentunya original dari API-API tersebut.

Para peserta kompetisi akan memperebutkan hadiah berikut dari tiap kategori:

  • Juara 1 : Medali emas + Nokia Lumia 820/920 + Nokia Premium Developer Program (senilai USD 1500) + hadiah tambahan dari pemilik API
  • Juara 2: Medali perak + USD 150
  • Juara 3: Medali perak + USD 100
  • Universitas dengan medali terbanyak akan mendapatkan Nokia Innovation Lab
  • Semua aplikasi pemenang akan dibantu promosi oleh Nokia Indonesia dan Microsoft Indonesia

Untuk tanggal-tanggal penting seputar deadline pendaftaran kompetisi dan lainnya adalah sebagai berikut:

  • 02 Desember 2012: Deadline pendaftaran kompetisi
  • 09 Desember 2012: Deadline pengiriman video demo aplikasi
  • 11 Desember 2012: Pengumuman tiga besar per kategori
  • 14 Desember 2012: Presentasi tiga besar per kategori

Untuk menambah ilmu para calon peserta kompetisi ini dalam membuat aplikasi Windows Phone, Microsoft Indonesia akan mengadakan pelatihan yang membahas berbagai macam topik seputar Windows 8. Di tiap pelatihan ini akan ada pelatih dari Microsoft Most Valuable Professional dan Nokia Developer Certified Trainer untuk membimbing para peserta pelatihan. Berikut adalah jadwal pelatihannya:

Kompetisi ini tentu menarik bagi para pengembang aplikasi mobile karena selain peserta nantinya akan mendapatkan pengalaman baru dan hadiah mereka juga berkesempatan untuk bertemu dan berelasi dengan pakar di dunia TI. Selain itu kampus yang nantinya mendapatkan medali terbanyak akan dibuatkan Nokia Innovation Lab yang tentunya akan menjadi tambahan yang menarik di fasilitas kampus tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kompetisi ini seperti pendaftaran dan syarat-syarat kompetisi, bisa mengunjungi halamaman resmi pendaftaran Lumia Apps Olympiad