Mailbird – Aplikasi Email Client di Windows yang Minimalis dan Menarik

Mailbird – Aplikasi Email Client di Windows yang Minimalis dan Menarik

Logo Mailbird

Untuk pengguna Windows, mungkin merasakan bahwa banyak aplikasi email client di Windows terlalu kompleks dan tampilan antar mukanya kaku. Dari sekian banyak aplikasi email client di Windows yang saya pernah saya coba, ada satu yang sangat menarik, Mailbird.

Bagi yang pernah menggunakan aplikasi email client Sparrow (yang kini diakuisisi oleh Google) di Mac, mungkin tampilan di Mailbird terasa familiar. Antar muka di Mailbird didesain sedemikiran rupa agar tidak membingungkan pengguna dan minimalis, tidak seperti kebanyakan email client lainnya di Windows.

Mailbird saat ini hanya mendukung Gmail namun di versi terbaru mereka yang rencananya akan dirilis pada tanggal 22 Oktober 2013 besok, layanan email lainnya juga akan dapat digunakan seperti Outlook. Di versi tersebut, teknologi IMAP akan didukung secara penuh sehingga pemrosesan email akan lebih cepat.

ComposeTampilan aplikasi Mailbird

Mailbird selain berfungsi sebagai email client juga menyediakan beberapa fitur menarik dan salah satunya adalah integrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Evernote, Asana, Calendar, dan lainnya. Mailbird juga saat ini sedang mengembangkan fitur Wingman yang cukup menarik fungsinya, fitur ini akan membuat pengguna Mailbird memiliki asisten personal untuk membantu produktifitas penggunaan email.

Namun, sayangnya Mailbird hingga saat ini belum mendukung fitur multi account untuk mengakses banyak akun email sekaligus. Fitur ini sangat penting terutama untuk mereka yang mengelola banyak akun email. Menurut tim pengembang Mailbird, fitur multi account akan segera dirilis dalam waktu dekat.

Sebagai tambahan, Mailbird dikembangkan oleh Contenga International yang timnya terdiri dari banyak orang Indonesia. Bisa dibilang Mailbird adalah aplikasi “semi lokal” :)¬†Untuk mencoba Mailbird, bisa mengunduh secara gratis di situs resmi Mailbird.