Makerspace, Tempat Kolaborasi Para Maker Untuk Menciptakan Produk

Makerspace, Tempat Kolaborasi Para Maker Untuk Menciptakan Produk

Maker 1[sumber gambar : shutterstock]

Dalam menuangkan ide dan mengembangkan produk, biasanya Maker akan melakukannya di suatu tempat yang dinamakan Makerspace. Tempat ini biasanya memiliki fasilitas yang dibutuhkan para Maker untuk dapat mengembangkan produk bersama. Nantinya produk yang akan dikembangkan dalam Makerspace ini akan bersinggungan dengan seni, ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya.

Kini di negara kawasan Asia Tenggara telah banyak bermunculan Makerspace yang menjadi wadah kolaborasi para Maker dalam menciptakan sebuah produk. Salah satu negara terdepan yang sudah memiliki banyak Makerspace adalah Singapura.

Walaupun negara Singapura telah terlebih dahulu memiliki Makerspace, namun Indonesia pun tidak tinggal diam dengan dunia Maker. Ini terbukti dengan telah banyak Makerspace yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

1. MakeDoNia

hackathon maker

MakeDoNia merupakan salah satu Makerspace awal yang didirikan Juli 2013. Makerspace ini sendiri dibentuk oleh lima orang yang terdiri dari Danny, Dirra, Iboy, Yurry, dan Dina. Beberapa program serta proyek yang sedang dan telah diselenggarakan adalah MakerWeekend, MeetTheMakers, MakerKid, MakerFaire @america, Common Creative Modules, Mentoring Makers, dan First Hardware Hackathon.

Jika pembaca ingin dapat belajar dan memperdalam ilmunya di MakeDoNia dapat langsung mengunjungi alamatnya di De Laris Resto Facility Jl. Pangeran Antasari No.44 Cipete Selatan. Jakarta Selatan. Pembaca dapat juga menghubungi MakeDonia melalui email [email protected] atau situs resminya makedonia.co.

2. Crazy Hackerz (Crackerz)

crackerz

Selain MakeDoNia, salah satu Makerspace yang menarik adalah Crazy Hackerz. Makerspace ini sendiri melakukan inovasi terhadap pengembangan perangkat lunak, aplikasi, website, robot, dan permainan. Crackerz ini didirikan oleh 4 sekawan yang terdiri dari Anand Mulani, Andre, Hendrik Tandabrata, dan Sofian Hadiwijaya.

Salah satu produk Crackerz yang menarik adalah InstaBelly. Produk ini merupakan mesin permen unik yang dapat mengeluarkan permen apabila pengguna ponsel pintar mengunggah foto di Instagram yang ditambah dengan lokasi di Crackerz.

Crackerz ini memiliki alamat di MD Place Tower 2, Lantai 4, Jl. Setiabudi Selatan No.7, Kuningan, Jakarta. Pembaca dapat menghubungi Crackerz melalui email [email protected] atau mengunjungi situs resmi crazyhackerz.com.

3. LifePatch

Lifepatch

LifePatch ini merupakan komunitas sekaligus Makerspace asal Yogyakarta yang berfokus pada pendekatan seni dan sains melalui praktik edukasi dalam penggunaan teknologi yang berguna bagi masyarakat. Makerspace ini melakukan pengembangan kreatif dan inovatif di bidang teknologi seperti teknologi biologis, teknologi lingkungan dan teknologi digital.

Makerspace ini juga telah melakukan berbagai program dan workshop yang diantaranya Pd clash Interactive Programming Workshop, Listrik DC Air Laut, Dining Space Project, dan masih banyak lagi.

LifePatch ini berada di Jl. Bugisan Selatan, Gumuk Indah RT 13 RW 36, Yogyakarta (Belakang SMKI), Kota Yogyakarta. Pembaca dapat menghubungi LifePatch melalui email [email protected] atau mengunjungi situs resmi lifepatch.org.

4. GeekNesia

Geeknesia

Geeknesia merupakan startup dan Makerspace yang didirikan oleh dua sekawan yaitu Martin Kurnadi dan Ikin Wirawan. Makerspace asal Bandung ini memiliki tujuan untuk membuat kota-kota cerdas melalui penerapan bottom-up dari perangkat Internet of Things.

Geeknesia memiliki alamat di Jl Garuda no 108, 40184, Bandung. Telpon 0226019624. Untuk menghubungi Geeknesia ini pembaca dapat mengirim email ke [email protected] atau mengunjungi situs resminya di geeknesia.com.

5. Gerai Cerdas

Gerai Cerdas

Selain Makerspace, Gerai Cerdas merupakan perusahaan Indonesia yang bergerak dalam bidang distribusi dan edukasi teknologi terkini berbasis mikrokontroler. Gerai Cerdas ini memiliki program mingguan yang bernama Inspire Day.

Program Inspire Day ini diselenggarakan setiap hari Jumat dari jam 2 hingga 4 sore. Selain itu, program ini memiliki beberapa pilihan materi seperti berbagi pengalaman tentang proyek kreatif, pelatihan Arduino, konsultasi proyek seputar Arduino, menonton film, atau kursus singkat Arduino.

Makerspace ini memiliki alamat di Palem Ganda Asri Blok B/B10 No 9. Jl. Raya Raden Saleh, Ciledug, Karang Tengah, Tangerang. Selain itu, pembaca dapat menghubungi Gerai Cerdas melalui telepon 0878-0841-0761, email [email protected], atau mengunjungi situs resminya di geraicerdas.com

6. Bekasi Makerspace

Bekasi Makerspace

Bekasi Makerspace ini merupakan tempat berkumpulnya para Maker untuk melakukan inovasi terhadap perangkat keras, perangkat lunak, dan berbagai macam hal yang menarik. Desain ruangan dari Bekasi Makerspace ini terinspirasi dari Mozilla Factory Space Japan.

Makerspace ini tepat berada di Jalan Raya Sedap Malam Blok B1/80C, Jakasampurna, 17147, Bekasi. Pembaca dapat menghubungi Bekasi Makerspace melalui email [email protected] atau twitter @MakerspaceBKS. Sedangkan situs resminya sedang dalam proses pengembangan.

7. Indoestri

Indoestri Makerspace

Indoestri merupakan Makerspace yang menyediakan sumber daya dan pendidikan untuk membuat prototype dan mengeksplorasi pembuatan produk tanpa batas. Makerspace ini memiliki kelas dengan topik beranekaragam mulai dari CAD, desain, kerja kayu, logam, percetakan 3D, laser, bisnis, perhiasan, menggambar dan masih banyak lagi.

Dalam Makerspace ini terdapat beberapa proyek yang dapat dikerjakan oleh pesertanya. Nantinya Indoestri akan memberikan rincian biaya mulai dari harian sebesar 100 ribu Rupiah hingga bulanan sebesar 750 ribu Rupiah.

Indoestri ini beralamat di Jalan Lingkar Luar Barat No. 36, Jakarta Barat, 11750. Untuk menghubungi Indoestri ini pembaca dapat melalui nomor telepon (021)5415510, email di [email protected] atau situs resminya di indoestri.com.


Semua Makerspace ini mempunyai tujuan sama untuk menjadi wadah bagi individu maupun komunitas untuk berkolaborasi dalam merancang dan mengembangkan produk inovatif. Jika pembaca ingin memberikan informasinya seputar Makerspace lain yang berada di Indonesia maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.