10 Manfaat Mengikuti Hackathon Bagi Developer

10 Manfaat Mengikuti Hackathon Bagi Developer

hackathon intel header

Waktu adalah komoditas langka yang kita punya, kita selalu didorong untuk menggunakan waktu kita dengan bijak. Oleh sebab itu, kita sehari-hari membuat keputusan tentang bagaimana menghabiskan waktu yang baik.

Keputusan, keputusan, keputusan….. Haruskah saya menonton film atau membaca buku? Haruskah saya berolah raga atau tidur? Haruskah saya belajar atau jalan-jalan bersama teman?

Semua pertanyaan tersebut sangat umum. Namun apakah kamu pernah mempertimbangkan untuk berpartisipasi dalam ajang hackathon sebagai cara untuk menghabiskan waktu kamu? Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa kamu harus menginvestasikan waktu kamu selama 24, 48, bahkan 72 jam dalam sebuah hackathon?

Apabila berpartisipasi dalam hackathon tidak ada dalam daftar yang akan kamu lakukan, 10 manfaat utama berpartisipasi dalam hackathon yang ada di artikel ini akan mengubah pola pikirmu tentang hackathon.

1. Belajar Kemampuan Teknis Baru

Orang-orang cenderung menginvestasikan banyak uang dalam pendidikan tradisional. Namun, bukankah lebih bagus jika kamu mempelajari kemampuan teknis baru secara gratis? Itulah salah satu manfaat mengikuti hackathon yang akan kamu dapatkan.

Saya tahu kamu mungkin terkejut karena mungkin kamu berpikir bahwa hackathon menargetkan developer yang sudah ahli. Saya dengan senang hati mengabarkan bahwa tidak seperti itu di hackathon. Penyelenggaraan hackathon cenderung mengadakan hackathon seputar teknologi tertentu dan menyediakan lingkungannya, alat-alatnya, pelatihan, dan mentor dalam hackathon.

Ini bertujuan untuk mengajarkan dan membimbing kamu untuk mengeluarkan kreativitas dalam memecahkan sebuah masalah. Bagian terbaiknya adalah baik penyelenggara maupun peserta hackathon lainnya akan mendukung dan memberikan semangat kepada kamu di seluruh proses hackathon.

2. Menimbulkan Jiwa Berprestasi

Bayangkan jika kamu berpartisipasi dalam hackathon dengan hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang teknologi tertentu, namun kemudian setelah bekerja keras, belajar pola pengembangan selama proses, dan akhirnya kamu melakukan demonstrasi proyekmu yang sudah jadi di ruangan yang dipenuhi oleh banyak orang yang sama-sama melakukan proses seperti yang kamu lakukan?

Bisa kamu bayangkan perasaan menakjubkan dari prestasi yang sudah kamu lakukan mengesampingkan sudah seberapa dipoles proyekmu atau apakah proyeknya sudah selesai? Percayalah, jiwa berprestasi tidak ternilai harganya. Saya selalu kagum ketika mengamati wajah-wajah bercahaya dari peserta hackathon yang sedang melakukan demonstrasi proyek mereka.

hackathon intel 2

3. Meningkatkan Kemampuan Soft Skill-mu

Karir sukses dalam jabatan teknis tidak hanya didasarkan pada kemampuan teknis yang kuat. Itu juga membutuhkan kemampuan soft skill seperti kerja sama tim dan komunikasi yang efektif. Nah lingkungan hackathon merupakan tempat yang benar-benar tempat sempurna untuk mendorong kemampuan soft skill seperti itu.

Kemungkinan besar dalam waktu yang singkat di acara hackathon, kamu diharapkan dapat berkolaborasi secara efektif di bawah tekanan dengan orang-orang yang baru dikenal. Kamu harus mencari tahu kekuatan mereka, bagaimana mendistribusikan tugas, dan bagaimana menggabungkan bagian-bagian yang berbeda menjadi sebuah proyek tunggal terpadu.

Sudah pasti kemampuan komunikasi yang baik sangat penting selama proses hackathon berlangsung terutama ketika menyampaikan ide proyek dan ketika mendemonstrasikan proyeknya.

hackathon intel 3

4. Memberikan Nilai Tambah di CV-mu

Ketilka melihat curriculum vitae (CV) kamu, calon bos kamu tidak hanya melihat sejarah pendidikan dan pekerjaan kamu. Biasanya mereka juga melihat lebih dalam untuk melihat personamu. Oleh karena itu, dengan memasukkan partisipasi hackathon yang kamu lakukan ke dalam CV, kamu mengecao dirumu sebagai orang yang bisa mengambil inisiatif, aktif belajar, dan seseorang yang menikmati tantangan.

Pastinya, semua kemampuan tersebut dianggap suatu aset yang besar untuk bos perusahaan manapun dan akan menjadi nilai tambah sebagai faktor pembeda di CV kamu.

5. Silaturahmi

Silaturahmi (atau dalam bahasa bisnisnya networking) merupakan manfaat mengikuti hackathon yang paling utama. Bayangkan ketika kamu dikelilingi oleh orang-orang yang telah siap untuk belajar dan berkolaborasi, tidak mungkin kamu tidak bersilaturahmi dengan mereka.

Sebagai tambahan, hanya dengan bekerja di bawah tekanan bersama anggota tim kamu yang lain, kemungkinan besar kamu akan membangun ikatan yang kuat dengan rekan-rekan tim kamu yang akan terus berlanjut meskipun hackathon telah berakhir.

Dan juga selain dengan peserta hackathon, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan mentor dari komunitas dan bahkan dari perusahaan sponsor. Semua koneksi ini pastinya akan memperkaya jaringan kamu.

6. Membuka Jalur untuk Membuat Startup

Sebuah hackathon mungkin bisa menjadi tempat untuk menggodok sebuah ide besar yang dapat menjadi sebuah fondasi startup. Contohnya, pada bulan Maret 2015, sepasang kawan yaitu Patrick Shields dan Stephan Wong menghadiri acara Intel Iot Roadhsow di Boston Amerika Serikat.

Sebelum menghadiri hackathon, mereka¬†mempunyai ide untuk menggabungkan kunci pintu¬†tradisional dengan internet. Di¬†hackathon, mereka mampu membuat¬†ide mereka menjadi hidup¬†dalam waktu¬†24 jam. Menurut Stephan, ‚ÄúSeluruh pengalaman hackathon¬†sangat memacu adrenalin. Saran serta kritik dari para juri dan orang-orang dari Intel membantu kami berpikir kritis mengenai apa yang harus dilakukan selanjutnya dengan ide kami‚ÄĚ.

Hasilnya, Stephan dan Patrick kini bersama-sama mendirikan perusahaan Random Wire Technologies. Selain itu, produk Keysforall yang merupakan proyek mereka yang dikerjakan ketika hackathon kini telah tersedia untuk pre-sale.

hackathon intel 4

7. Mendapatkan Inspirasi

Energi positif dalam hackathon dapat menular. Di akhir acara hackathon, saya bisa menjamin bahwa kamu akan meninggalkan hackathon dengan banyak ide dan tujuan baru terlepas dari apakah kamu menyelesaikan demonstrasi proyeku di hackathon ataupun tidak.

Hanya dengan sekedar mengamati bagaimana para peserta hackathon lainnya melakukan pendekatan masalah dan membuat solusi kreatif di hackathon, itu akan memicu kreativitas kamu, memperluas imajinasi kamu, dan menginspirasi kamu.

8. Memberikan Kembali Sesuatu kepada Komunitas

Selama hackathon, orang-orang cenderung menghargai komunitas seputar teknologi tertentu karena tanpa dukungan komunitas maka menyelesaikan proyek dengan waktu yang terbatas akan menjadi sangat menantang walaupun itu tidak mustahil.

Sama seperti halnya mendapatkan bantuan dari para peserta hackathon lainnya seperti memecahkan masalah yang sedang berada di tangan kamu dan mendapatkan sumber daya online dari komunitas online yang lebih luas, kamu akan merasa terdorong untuk memberikan kembali kepada komunitas dengan melakukan hal yang sama.

9. Memenangkan Hadiah

Tentu saja mendapatkan pelajaran berharga di hackathon adalah salah satu hadiah manfaat mengikuti hackathon yang paling penting, namun kamu bisa mendapatkan lebih. Sponsor acara cenderung akan memberikan banyak cindera mata, lisensi perangkat lunak, bahkan perangkat keras dalam beberapa kasus. Selain itu, mungkin proyek kamu menjadi salah satu pemenangnya. Kamu tidak akan pernah tahu.

hackathon intel 5

10. Bersenang ‚Äď Senang

Hackathon identik dengan hal yang menyenangkan. Betul kamu akan ditantang dan diberikan tekanan pada titik tertentu, namun kamu akan menikmati hal tersebut setiap menitnya. Dikelilingi oleh orang-orang yang sangat menarik, memakan makanan gratis, bersenang-senang dalam melakukan kegiatan kecil, dan otak kamu distimulasi dengan teknologi baru. Semua ini merupakan kombinasi yang hebat untuk bersenang-senang.

hackathon intel 6


Secara teori, semakin banyak pilihan yang kamu miliki tentang cara untuk menghabiskan waktu maka kamu cenderung meningkatkan kompleksitas perencanaan kamu. Namun, mengingat manfaat yang tercantum pada daftar partisipasi hackathon ini, keputusannya jadi mudah sekarang. Cobalah dan rasakan pengalaman pertama yang menarik dari keuntungan yang diberikan dalam ikut serta hackathon.

* Artikel ini adalah hasil kerja sama dengan Intel Developer Zone. Artikel asli bisa dilihat di link ini.