Marmalade Game Engine – Buat Game Multiplatform Dengan Bahasa Pemrograman C++

Marmalade Game Engine – Buat Game Multiplatform Dengan Bahasa Pemrograman C++

Marmalade Header

Game berbasis mobile merupakan salah satu yang paling diminati oleh developer dalam pengembangan produknya untuk saat ini. Selain itu, kini banyak beredar game engine yang dapat membantu developer untuk dapat mengembangkan game dalam sekali langkah di berbagai platform mobile. Salah satu game engine untuk pengembangan game multiplatform yang bertenaga adalah Marmalade.

Marmalade sendiri memiliki beragam produk yang terdiri dari Marmalade C++SDK, Marmalade Juice, Marmalade Quick, dan Marmalade Web. Bahasa pemrograman utama yang digunakan pada Marmalade C++ SDK untuk pengambangan game adalah C++.

Dengan menggunakan Marmalade C++ SDK ini memungkinkan developer untuk dapat mengembangkan game yang diterbitkan secara multiplatform seperti iOS 5.1 ke atas, Android 2.1 ke atas, Windows Phone 8 ke atas, Tizen 2.2 ke atas, Blackberry 10 ke atas.

marmalade game

Menariknya untuk aplikasi yang dibuat untuk Android ini dapat diterbitkan pada Samsung Apps, Amazon Store, Google Play, dan Nook. Selain itu, developer juga dapat mengembangkan game untuk Roku dan LG Smart TV.

Tentunya bagi developer yang terbiasa mengembangkan game maupun aplikasi menggunakan bahasa pemrograman C++, Marmalade C++ SDK menjadi pilihan yang menarik untuk mengembangkan aplikasi di banyak platform sekaligus.

Marmalade menyediakan paket modul untuk membantu developer mengembangkan game yang cepat dan grafis yang menarik. Modul ini terdiri dari animasi 2D / 3D dengan kinerja tinggi, huruf bitmap, manajemen sumber daya, UI framework, dan dukungan HTTP.

Selanjutnya, Marmalade juga mempunyai produk yang bernama Marmalade Juice. Dengan adanya produk ini memungkinkan developer yang biasanya mengembangkan aplikasi di iOS dapat menerbitkan aplikasi di platform Android dengan menggunakan iOS API, bahasa pemrogramaan Objective-C dan alat pengembangan Xcode.

Selain itu, untuk mengembangkan game berbasis 2D dengan cepat dapat menggunakan Marmalade Quick yang memggunakan bahasa LUA. Dalam hal ini Marmalade Quick dibangun dari Marmalade Coe, Cocos2d-x, dan Box2D sehingga dapat membuat developer mengembangkan game 2D dengan cepat untuk diterbitkan secara multiplatform.

Marmalade Quick ini mendukung untuk pengembangan game yang dapat diterbitkan di beberapa platform seperti iOS, Android, Windows Phone 8, Windows Desktop, Mac Desktop, Tizen, BlackBerry 10, BlackBerry Playbook, dan Roku.

Terakhir, untuk developer yang biasa menggunakan pemrograman web dapat mencoba mengembangkan aplikasi hybrid menggunakan Marmalade Web. Nantinya developer dapat mengembangkan aplikasi hybrid menggunakan HTML5, JavaScript, dan CSS. Selanjutnya, dengan bantuan API dan library dari Marmalade Web dapat membuat aplikasi hybrid diterbitkan di platform iOS, Android, Windows Phone, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya game engine ini dapat memudahkan developer untuk mengembangkan game di beberapa platform sekaligus hanya dengan satu langkah. Bagi pembaca maupun developer yang tertarik dengan game engine ini dapat langsung mengunjungi situs resmi Marmalade.

marmalde game vertical