Menggali Potensi Smartwatch Untuk Pengembang Aplikasi

Menggali Potensi Smartwatch Untuk Pengembang Aplikasi

pengguna smartwatch* foto ilustrasi oleh Shutterstock

Smartwatch kini semakin populer di kalangan masyarakat umum, ini terjadi karena semakin banyaknya jenis smartwatch yang beredar ditambah lagi dengan promo dari masing-masing vendor yang semakin gencar. Nah, bagi pengembang aplikasi mungkin muncul pertanyaan apakah ranah ini menarik untuk digarap potensinya.

Mari pertama-tama kita simak data dari Strategy Analytics tentang pasar smartwatch saat ini. Berdasarkan data dari mereka, pengapalan smartwatch pada kuartal 2 di tahun 2015 ini mencapai 5,3 juta unit, naik 457% dibandingkan kuartal 2 tahun 2014 lalu yang hanya 1 juta unit.

Itu perkembangan yang cukup besar bukan? Dari kesemua smartwatch yang beredar saat ini, IDC memprediksi bahwa di tahun 2015 Apple dengan watchOS-nya akan merajai pasar smartwatch diikuti dengan Android Wear dari Google.

Sistem Operasi Smartwatch Terpopuler

Monetasinya Gimana?

Jika sudah membuat aplikasi untuk smartwatch, lalu bagaimana untuk mendapatkan uang dari aplikasinya? Untuk saat ini yang paling mungkin nampaknya adalah menggunakan model aplikasi berbayar di mana pengguna harus membayar sebelum dapat mengunduh aplikasinya.

Untuk monetasi aplikasi smartwatch dengan iklan, saat ini belum jelas iklan model seperti apa yang pas untuk ditampilkan di smartwatch dan masih sangat jarang platform penyedia iklan untuk smartwatch. Salah satu platform iklan untuk aplikasi smartwatch yang saya tahu adalah TapSense itupun khusus untuk watchOs.

Untuk di dunia proyekan, saya pernah bertanya ke rekan pengembang aplikasi saya yang bermain di dunia smartwatch tentang ini. Menurutnya, untuk saat ini belum banyak permintaan proyek dari client seputar aplikasi smartwatch sehingga masih belum begitu besar potensinya untuk proyekan.

Memang untuk saat ini smartwatch masih dalam tahap perkembangan awal, belum begitu menjamur dan masih mengawang-ngawang cara untuk monetasinya. Namun menurut saya, seorang pengembang aplikasi tidak ada salahnya jika mempelajari pengembangan aplikasi smartwatch di waktu luang.

Jika saatnya tiba di mana permintaan aplikasi smartwatch semakin tinggi, setidaknya kamu sudah memiliki amunisi yang lebih dibanding dengan mereka yang baru mulai belajar cara membuat aplikasi untuk smartwatch. Saya percaya sejalan dengan perkembangan teknologi, harga smartwatch juga akan semakin murah sehingga semakin banyak yang menggunakannya.

Bagi yang ingin mulai mencoba-coba membuat aplikasi untuk smartwatch, saat ini ada 4 sistem operasi populer untuk smartwatch yaitu:

Perlu diingat bahwa membuat aplikasi untuk smartwatch beda dengan membuat aplikasi untuk ponsel pintar. Dari fungsi keduanya saja sudah beda dan juga cara mendesainna juga beda. Tentu agak absurd jika kita membuat aplikasi SMS di smartwatch karena layarnya yang sangat kecil.

 

,