Menghindari Kemacetan Lalu Lintas Melalui Aplikasi LewatMana di Nokia S40

Menghindari Kemacetan Lalu Lintas Melalui Aplikasi LewatMana di Nokia S40

Traffic Jam

Di tahun 2009 lalu, diluncurkan situs web LewatMana.com yang digagas oleh Hendry Soelistyo yang bertujuan untuk memberikan informasi arus lalu lintas sehingga bisa menghindari dan mengatasi kemacetan yang dihadapi oleh warga di perkotaan terutama Jakarta.

Situs web ini mendapatkan respon positif dari berbagai masyarakat dan telah banyak dibuat aplikasi mobile-nya. Salah satu aplikasi mobile-nya dibuat oleh Konsep Mobile untuk platform Nokia S40 dan mengambil datanya langsung dari situs LewatMana.com

Aplikasi ini mendukung penampilan situasi jalan melalui CCTV di banyak jalan di 12 kota di Indonesia. Informasi yang disajikan cukup lengkap sehingga pengguna nantinya bisa menyaksikan apakah sebuah jalan situasinya sedang macet atau tidak.

Tampilan dari aplikasi ini sederhana dan mudah digunakan. Pada tampilan utama, pengguna akan dihadapkan pada menu utama seperti menu “by city”, “nearby”, “traffic update”, dan “maps”.

lm_nokia

Tampilan Aplikasi LewatMana

Pengguna dapat mengetahui keadaan lalu lintas sekitar dengan memilih menu “nearby” sehingga akan terlihat pilihan jalan terdekat dengan CCTV beserta informasinya. Sedangkan “by city” akan memberikan informasi lalu lintas jalan raya berdasarkan kota yang telah ditentukan.¬†Pada menu “maps” pengguna dapat melihat peta jalan di sekitarnya sehingga pengguna dapat membuat solusi maupun alternatif untuk menghindari kemacetan.

Aplikasi ini cukup membantu penggunanya dalam mencari solusi untuk menghindari kemacetan sehingga rutinitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar. Mungkin akan lebih bagus jika terdapat lebih banyak kota di aplikasi ini namun juga ini tergantung dengan data kota yang disajikan LewatMana.com

Untuk menggunakan aplikasi ini dapat mengunduhnya secara gratis di Nokia Store

[foto ilustrasi oleh Shutterstock]