Merek Handphone Lokal Yang Semakin Merajalela, Nexian Salah Satunya


NexianBerry
NexianBerry

Handphone adalah salah satu gadget yang perkembangannya paling cepat. Bayangkan, pada tahun 2000, handphone ukurannya masih besar dan fitur, sekarang handphone sudah stylish dan kaya akan fitur, bahkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Tapi tahukah anda diantara merek-merek besar luar negeri, ternyata merek-merek handphone lokal sudah berjamuran dan beberapa bahkan telah menjadi fenomena, salah satunya adalah Nexian, coba siapa yang belon dengar yang namanya NexianBerry hehe :o , walaupun namanya nyerempet-nyerempet BlackBerry tapi akhirnya cukup efektif untuk diingat oleh orang Indonesia. Hehe, pasti banyak yang nyangka bahwa Nexian adalah merek cina, satu kata: salah. Memang komponennya diimpor dari Cina tapi bukan berarti Nexian menjadi produk Cina, analoginya mirip seperti seorang programmer mengembangkan program menggunakan framework, bukan berarti program yang dia buat itu bukan buatan dia kan? hehe.

Saya sendiri termasuk yang dulu percaya bahwa Nexian adalah produk impor poll, bahkan jujur saja pernah saya anggap remeh. Namun setelah saya mengenal lebih jauh mengenai Nexian saya agak antusias untuk mencari info-info mengenai perkembangan handphone lokal dan saya cukup ter-wow ( hehe maksa :hammer: ) dengan berita-berita yang saya lihat. Lihat saja berita- berita terkini tentang handphone lokal khususnya Nexian seperti “Fenomena Nexian Terus Berlanjut” atau “Ponsel Nexian As Ludes Dalam Setengah Hari“.

See… Hehe, jujur saja saya karyawan dari perusahaan ini :o , tapi dari kacamata saya sebagai orang yang hobi melihat perkembangan teknologi terutama produk lokal, Nexian punya posisi yang cukup kuat di indonesia.ย  Dengan design dan fiturnya yang kaya ditambah dengan harganya yang pas untuk kantong orang indonesia kebanyakan, Nexian bisa dibilang berhasil merebut pasar lokal, walaupun belum sebesar Nokia atau Sony Erricson.

Ini sebetulnya menandakan sesuatu yang positif untuk produl lokal. Kita seharusnya bangga bahwa handphone lokal semacam Nexian berkembang dengan sedemikian cepat. Mungkin para startup lokal akan lebih memahami hal ini. Bukanlah sesuatu yang mudah untuk menggeser paradigma produk luar negeri lebih bagus daripada produk lokal DAN untuk meyakinkan orang Indonesia untuk menggunakan produk lokal.

Namun dengan melihat potensi yang ada saat ini, di masa yang akan datang saya melihat bahwa Nexian mempunyai potensi yang cukup besar untuk menguasai pasar Indonesia. Sama seperti Koprol (web social community lokal) yang mempunyai potensi untuk merebut pasar social community indonesia.

Saya cukup bangga dengan apa yang produk teknologi lokal seperti Nexian telah capai saat ini. Mungkin beberapa tahun yg akan datang, produk-produk lokal khususnya dibidang teknologi dapat menggeser dominasi produk luar negeri, jangan mau kalah sama negeri tetangga, Cina dan India hehe. Jika produk lokal jadi sukses, siapa lagi yang akan bangga selain kita sendiri, orang Indonesia.

Maju terus produk-produk dan startup lokal Indonesia, jadilah raja di negeri sendiri hehe :D

* Untuk katalog produk handphone lokal, anda bisa mengklik link ini dan jangan lupa bergabung di grup Startup Lokal Indonesia