Microsoft Rilis Emulator Untuk Uji Coba Aplikasi Android

Microsoft Rilis Emulator Untuk Uji Coba Aplikasi Android

Visual Studio Emulator for Android

Di tahun 2015 ini Microsoft telah meluncurkan IDE terbarunya, Microsoft Visual Studio 2015. Bisa dibilang IDE ini memberikan suatu hal baru yang menarik bagi para developer karena pasalnya dengan IDE ini developer dapat mengembangkan juga aplikasi berbasis Android.

Hal ini dapat terjadi karena Microsoft Visual Studio 2015 memiliki beberapa pilihan pengembangan Android menggunakan C++, Cordova, atau C# dengan bantuan Xamarin. Nantinya ketika developer memilih salah satu pilihan pengemangan Android maka secara otomatis Visual Studio akan melakukan instalasi Visual Studio Emulator for Android yang digunakan untuk melihat simulasi hasil aplikasi ketika dalam pengembangan.

Nantinya developer dapat memilih target perangkat ponsel pintar maupun tablet yang ingin disimulasikan menggunakan Visual Studio Emulator for Android seperti Emulator untuk perangkat ponsel pintar 5 inci dengan sistem operasi Kitkat 4.4 atau tablet 7 inci dengan sistem operasi Lollipop 5.0.

Beberapa fitur yang dapat dilakukan dalam pengetesan aplikasi Android di Visual Studio Emulator for Android ini ada seperti menguji perbesaran serta pengecilan aplikasi, orientasi atau rotasi aplikasi, informasi jaringan ponsel, GPS, Akselerometer, Baterai, Screenshot, kartu SD, Kamera, dan masih banyak lagi.

Pihak Microsoft menyatakan bahwa emulator ini dapat berjalan dengan lebih cepat dibandingkan emulator yang selama ini digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android, tidak akan konflik dengan Hyper-V pada Windows, dan telah seperangkat dengan Microsoft Visual Studio 2015.

Bagi developer yang tertarik menggunakan emulator dari IDE ini dapat langsung mengunduhnya di situs resmi Microsoft Visual Studio 2015.