Mozilla akan Rilis Servo Sebagai Next Generation Browser Engine pada Bulan Juni Mendatang

Mozilla akan Rilis Servo Sebagai Next Generation Browser Engine pada Bulan Juni Mendatang

Mozilla Banner

[Sumber: Wikimedia]

Mozilla mengumumkan akan merilis browser engine baru pada bulan Juni 2016 mendatang. Para peneliti dari Mozilla sedang mengembangkan demo teknologi pertama dari Servo yang diklaim sebagai generasi berikutnya dari browser engine. Menurut Jack Moffitt, Pemimpin Proyek Servo, Pengembangan Servo akan difokuskan kepada performa dan kesegarannya.

Sebenarnya Servo telah dikembangkan lama dengan mengusung ide untuk membayangkan kembali arsitektur browser pada lanskap modern dari komputer multi-core, GPU, dan bahasa pemrograman yang lebih aman. Dan saat ini sedang dikembangkan untuk Windows, Mac, OS X, Linux, Android, dan Firefox OS.

Selain itu, Servo akan dibekali dengan tampilan baru yang seluruhnya ditulis dalam HTML, CSS, dan JavaScript. Tampilan baru ini disebut dengan Browser.html. Tampilan baru ini akan mencakup banyak animasi dan interaksi yang akan ditemukan pada aplikasi native yang tidak dapat ditampilkan dengan baik pada browser saat ini.

Tak hanya mengembangkan Browser.html, Servo juga dikembangkan agar dapat menjalankan GitHib, DuckDuckGo, HackerNews, dan Reddit. Untuk saat ini, Mozilla menyatakan masih melakukan beberapa rendering dan pembenahan terhadap isu-isu fungsional dari situs-situs tersebut.

Dengan peluncuran demo teknologi, Mozilla berharap dapat memberikan kesempatan kepada para developer untuk bereksperimen dan bermain dengan Servo. Selain itu, Mozilla berharap dapat menjadikan Servo engine sebagai tolak ukur baru untuk performa web engine berikutnya yang dapat diterapkan pada seluruh perusahaan yang ada.

Secara khusus, Mozilla akan menggabungkan komponen-komponen Servo kedalam Gecko engine dengan Firefox. Dan Mozilla berharap Servo akan menjadi kunci pengembangan untuk Firefox dan produk-produk Mozilla mendatang.

[Via Venturebeat]