NetBeans IDE – Perangkat Pengembangan Aplikasi Yang Mudah Digunakan

NetBeans IDE – Perangkat Pengembangan Aplikasi Yang Mudah Digunakan

Netbeans IDE

Bagi pengembang aplikasi berbasis Java maupun PHP mungkin sudah familiar dengan menggunakan NetBeans IDE. Biasanya NetBeans IDE ini digunakan oleh pengembang aplikasi untuk melakukan pemrograman, kompilasi, mencari kesalahan, dan menjalankan aplikasi yang telah dibuat.

NetBeans IDE sendiri dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, namun untuk membuat aplikasi yang dapat digunakan dalam sebuah perangkat komputer, maupun mobile, IDE ini pun mampu mendukung bahasa lain.

Beberapa bahasa yang didukung oleh NetBeans IDE ini terdiri dari Java, C/C++, PHP, XML, HTML, Javadoc, Javascript, JSP, dan masih banyak lagi. Selain itu, pembaca dapat memasang plugin, maupun modul yang bisa didapatkan di komunitas untuk mendukung bahasa lain agar dapat dijalankan di NetBeans IDE ini.

Tampilan antarmuka dari NetBeans IDE ini bisa dibilang cukup memudahkan pengembang aplikasi dalam melakukan interaksi secara grafikal yang tidak hanya berupa kode saja sehingga dapat dilihat hasil kodenya secara langsung dalam bentuk grafis.

Selain itu, library yang disediakan dalam NetBeans ini bisa dibilang cukup lengkap untuk beberapa bahasa pemrograman sehingga pengembang aplikasi pemula pun dapat mempelajari langsung library yang dibutuhkan dalam membuat aplikasi.

NetBeans IDE terbaru telah memasuki versi 8.0, dan telah mendukung Java 8. Selain itu, IDE ini bisa berjalan di sistem operasi Windows, Mac OS, dan Linux 32/64 bit. Untuk mengunduh NetBeans IDE ini pengguna dapat langsung mengunjungi halaman resmi unduh NetBeans yang nantinya akan diberikan pilihan paket unduhan NetBeans IDE yang terdiri dari paket JAVA SE, JAVA EE, C/C++, HTML5 & PHP, atau paket keseluruhan.

Tentunya setiap paket dari NetBeans IDE ini mempunyai kemampuan dukungan bahasa masing-masing, namun apabila pembaca ingin mendapatkan semua dukungan bahasa dapat mengunduh paket yang berisi keseluruhan. Tidak ketinggalan dalam paket keseluruhan, pembaca akan mendapatkan dukungan server seperti GlassFish Server Open Source Edition 4.0. dan Apache Tomcat 7.0.41.

NeatBeans IDE ini cocok bagi pengguna pemula, menengah, maupun yang telah mahir sekalipun karena menyediakan dukungan yang baik untuk pembuatan aplikasi menggunakan berbagai bahasa pemrograman. Bagi pembaca yang ingin mengetahui informasi dan tutorial lebih lanjut dari IDE ini dapat mengunjungi situs resmi NetBeans

netbeans program