Nexus 4 – Smartphone Kelas Atas Berbasis Android dari Google dan LG Segera Diluncurkan di Indonesia

Nexus 4 – Smartphone Kelas Atas Berbasis Android dari Google dan LG Segera Diluncurkan di Indonesia

technoid-google-nexus-logo1Setelah sebelumnya Google bekerja sama dengan HTC dan Samsung untuk membuat ponsel bermerek Nexus, kini Google memilih LG untuk memproduksi ponsel Nexus terbaru yaitu Nexus 4. Yang cukup menarik dari Nexus 4 adalah ponsel ini menawarkan spesifikasi hardware yang tinggi di kelasnya dan dijual dengan harga yang lebih murah dibanding dengan ponsel lain di kelasnya.

Nexus 4 sudah menggunakan sistem operasi Android versi Jelly Bean (4.2) dan berhubung ponsel ini adalah kelas Nexus maka untuk pembaharuan sistem operasinya biasanya akan lebih cepat pembaharuannya dibanding yang lain. Untuk spesifikasi dari ponsel Nexus 4 adalah sebagai berikut:

  • 4,7″ 768×1280 True HD IPS ditambah layar sentuh kapasitif Corning Gorilla Glass 2
  • Prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Quad Core 1,5 GHz
  • GPU Adreno 320
  • 2 GB RAM
  • Kapasitas internal 8 atau 16 GB
  • Kamera belakang 8 Megapiksel dan kamera depan 1,3 megapiksel
  • Konektifitas Micro USB 2.0 , Bluetooth, dan NFC
  • Sudah dilengkapi dengan Android versi Jelly Bean (4.2)

Seperti yang terlihat di atas, spesifikasi ponsel  ini untuk kelas atas cukup tinggi. Selain spesifikasi hardware yang tinggi, desain dari ponsel Nexus 4 menurut saya menarik dan ukurannya nyaman ketika digenggam di tangan ataupun sedang dibawa. Bagi pembaca yang ingin melihat tampilan dari smartphone ini dapat melihat pada gambar dan video di bawah ini :

nexus 4

ARVE Error: need id and provider

Untuk di Indonesia sendiri, beberapa waktu lalu pre-order untuk Nexus 4 sudah dibuka di jaringan Eraphone dengan harga diskon namun saat ini sudah sold out. Menurut informasi yang beredar, jumlah pre-order Nexus 4 di Indonesia tidak banyak, hanya 500 unit. Secara resmi Nexus 4 akan dirilis ke masyarakat Indonesia pada hari Sabtu besok di Grand Indonesia dan kabarnya lagi akan ada 1000 unit Nexus 4 yang siap untuk dijual langsung ke konsumen. Kabarnya nanti juga akan ada paket bundling Nexus 4 dengan Telkomsel Halo dengan harga yang lebih murah.

Menurut saya ponsel Nexus 4 ini cukup bagus apabila dilihat dari desain bentuk dan spesifikasi yang ditawarkan. Namun harga yang ditawarkan cukup tinggi ketika masuk ke Indonesia, yaitu Rp. 5,5 juta sedangkan di Amerika Serikat ponsel ini dijual dengan harga yang sangat miring. Mari kita tunggu kehadirannya di Indonesia, apakah terjual dengan antusias atau sebaliknya.