Oculus Mengumumkan Pengembangan Perangkat Standalone Miliknya

Oculus Mengumumkan Pengembangan Perangkat Standalone Miliknya

oculus-rift-standalone-banner

[Sumber: Flickr]

Oculus saat ini sedang mengembangkan sebuah versi Oculus Rift yang lebih mandiri. CEO Facebook, Mark Zuckerberg, menyatakan bahwa divisi pengembangan perangkat virtual reality Oculus akan mengembangkan perangkat yang tidak lagi membutuhkan kabel dan konektivitas dengan perangkat komputer.

Tidak hanya mengumumkannya, CEO dari perusahaan jejaring sosial raksasa tersebut juga menyampaikan prototype dari versi standalone Oculus Rift pada acara untuk para developer Oculus Connect di San Jose, California.

Dalam acara yang dihadiri oleh 2.500 developer tersebut, Mark menyatakan bahwa prototype perangkat terbaru tersebut akan berada di antara mobile VR, dimana pengguna memerlukan perangkat mobile untuk menggunakan perangkat VR-nya seperti Samsung Gear VR, dan Oculus Rift versi sebelumnya yang memerlukan konektivitas ke perangkat komputer.

Venturebeat mengutip pernyataan Mark yang menyatakan bahwa meskipun masih sangat awal, akan tetapi perangkat VR mandiri tersebut akan dapat dibawa oleh penggunanya ke manapun di dunia. Dan sekarang, produk tersebut sedang dikembangkan oleh divisi pengembangan Oculus.

Facebook telah menginvetasikan sekitar 250 juta dollar dalam pengembangan konten-konten virtual reality. Selain itu, Facebook juga akan menginvestasikan 250 juta dollar lainnya untuk proyek-proyek selanjutnya, termasuk di dalamnya 10 juta dollar untuk investasi.

Facebook percaya bahwa teknologi virtual reality akan menjadi platform komputasi mayor pada tahap berikutnya. Oleh karena itu, Facebook memberikan investasi yang cukup besar dalam pengembangan konten dan teknologi yang mengusung teknolohi virtual reality tersebut.

[Sumber: Venturebeat]