Oculus Rift – Perangkat Canggih Untuk Masa Depan Dunia Game

Oculus Rift – Perangkat Canggih Untuk Masa Depan Dunia Game

oculus rift

Bagi sebagian orang yang suka bermain game mungkin pernah memikirkan bagaimana dirinya dapat merasakan sensasi nyata dari dunia game tersebut. Dari pemikiran-pemikiran seperti itulah terlahir sebuah perangkat wearable, Oculus Rift.

Oculus Rift ini merupakan sebuah perangkat wearable yang dikembangkan oleh perusahaan Oculus VR. Perangkat ini mampu menampilkan gambar virtual reality dengan dua layar untuk masing-masing mata. Selain itu, Oculus Rift memiliki resolusi 1200 x 800 dengan sudut pandang hingga 110 derajat.

Dengan teknologi ini, Oculus Rift akan menghadirkan sensasi bermain game yang berbeda dengan game yang selama ini terdapat di dalam konsol. Bayangkan menariknya bermain game horor, petualangan, maupun perang menggunakan Oculus Rift ini pastinya akan tampak nyata, memacu adrenalin, dan seolah-olah pembaca sedang berada di lingkungan game tersebut.

oculus rift dk 2

Untuk melihat game yang telah dikembangkan dan mendukung Oculus Rift ini pembaca dapat melihat daftarnya di situs RiftEnable. Game ini pun banyak dikembangkan dengan menggunakan game engine yang sudah terkenal seperti Unreal, Unity, Chrome Engine, GameStudio, CryEngine, Vision Engine, dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini, Oculus Rift masih dalam tahap pengembangan baik pada perangkat keras maupun perangkat lunak karena masih ada kekurangan dan dalam pengembangan ini hanyalah gambaran awal yang diimpikan Oculus VR dalam versi jadinya nanti ketika sudah dijual kepada pengguna umum.

Untuk saat ini pengembang game dapat mencoba memesan perangkat Oculus Development Kit 2 khusus untuk pengembangan seharga US$ 350 yang dapat dipesan di situs resmi Oculus VR secara pre order. Pihak Oculus VR menyatakan bahwa Oculus Rift harus sudah rilis pada tahun 2015.

Sebagai tambahan, beberapa waktu lalu perusahaan Oculus VR sendiri telah diakuisisi oleh Facebook dengan harga yang lumayan besar sekitar 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 22,8 triliun. Alasan Facebook membeli perusahaan ini karena ingin menyiapkan teknologi masa depannya yang lebih canggih.

[sumber gambar shutterstock]