OpenSnap – Aplikasi Media Sosial Khusus Pecinta Makanan Resmi Diluncurkan di Indonesia

OpenSnap – Aplikasi Media Sosial Khusus Pecinta Makanan Resmi Diluncurkan di Indonesia

header

Hari ini secara resmi situs panduan kuliner seluruh Asia, Openrice, memperkenalkan aplikasi mobile sosial terbarunya OpenSnap di Indonesia. OpenSnap ini merupakan aplikasi mobile sosial yang memungkinkan penggunanya untuk dapat membuat album foto pribadi tentang makanan dan berbagi foto makanan favorit mereka dengan teman maupun kerabat lainnya dimanapun.

Selain dapat berbagi foto makanan dengan teman lainnya, OpenSnap inimemungkinkan penggunanya untuk dapat mencari lokasi restoran dari database OpenRice yang telah berisi lebih dari satu juta ulasan restoran di Asia.

OpenSnap baru tersedia di ponsel berbasis iOS dan Android. Untuk menggunakan aplikasi OpenSnap ini, penggunanya dapat terlebih dahulu melakukan proses login menggunakan akun Facebook, akun OpenRice, atau mendaftarkan diri dengan akun email.

Setelah penggunanya berhasil login di aplikasi OpenSnap ini, maka akan dihadapkan langsung pada halaman awal yang berisikan foto-foto terbaru yang telah diunggah oleh pengguna lainnya. OpenSnap ini memiliki lima menu utama yang terdiri dari menu halaman awal, menu “Explore”, menu “Activities”, menu ”Capture”, dan menu “Profile”.

foto konferens

Press Conference Pada Acara Peluncuran OpenSpan

Untuk mengunggah foto makanan yang diinginkan, pengguna dapat menggunakan menu “Capture” yang dapat mengambil foto dari galeri ponsel atau langsung mengambil menggunakan kamera ponsel. Foto makanan yang diunggah ini dapat di-crop, diberikan nama, keterangan tambahan, lokasi, tag kategori makanan, dan tag teman di OpenSnap. Foto yang telah terunggah dapat dibagi ke jejaring sosial lainnya dan dapat di-like maupun dikomentari oleh pengguna lainnya.

Selain dapat mengunggah foto, penggunanya dapat melihat informasi restoran yang telah terdaftar pada database OpenRice. Informasi restoran yang akan ditampilkan terdiri dari alamat, nomor telepon, jenis ruangan yang tersedia, kisaran harga, makanan favorit, nilai rating, jam beroperasi, area parkir, hingga akses internet yang tersedia.

Fitur lain yang menarik dari OpenSnap ini adalah menu “explore” yang dapat mencari lokasi restoran terdekat beradius 2 kilometer berdasarkan informasi dari foto unggahan dari pengguna lain di OpenSnap. Pengguna dapat mencari lokasi restoran dengan kata kunci makanan, jenis makanan atau restoran dan menentukan kota yang sedang dikunjungi.

all

Tampilan Aplikasi Mobile OpenSnap

Aktivitas yang dilakukan antar pengguna baik melakukan unggah,like, dan komentar dapat dilihat pada menu “Activities”. Selain itu, pengguna dapat melihat album, foto yang telah diunggah, dan teman-temannya di menu ”Profile”.

 Untuk menambahkan teman di aplikasi OpenSnap ini, penggunanya dapat mencari dengan menggunakan menu “Find Users” yang terdapat di bagian kanan atas menu ”Profile”. Dalam menu ini akan ditampilkan teman yang dapat ditambahkan dari akun OpenRice maupun Facebook.

Secara keseluruhan aplikasi ini cocok bagi penggunanya yang hobi mengunggah foto makanannya. Namun kota dan negara untuk mencari lokasi perlu ditambahkan lagi karena kota yang tersedia hanya kota besar saja.