Categories: Berita

Opera Mini Capai Lebih dari 30 Juta Pengguna Indonesia di Tahun 2014

Opera Mini merupakan salah satu browser populer yang banyak digunakan di perangkat mobile. Bisa dibilang browser ini banyak digunakan di ponsel berfitur hingga ke ponsel pintar. Hari ini secara resmi Opera mengumumkan bahwa Opera Mini telah memiliki lebih dari 30 juta pengguna Indonesia yang dilaporkan dari laporan State of The Mobile Web.

Biasanya browser ini rata-rata digunakan oleh pengguna yang berusia sekitar 24 tahun dimana 4 dari 10 penggunanya masih berstatus mahasiswa. Ketika sedang berselancar di internet dengan browser ini biasanya mereka melakukan pencarian, terhubung di media social, atau membaca berita. 90% dari penggunanya pun menggunakan Opera Mini karena kecepatannya saat berselancar di internet.

Secara keseluruhan, penetrasi ponsel pintar pada pengguna browser ini meningkat dari 10% menjadi 26%, hal ini menjelaskan bahwa adanya peningkatan angka konsumen yang mulai meninggalkan ponsel berfitur ke ponsel pintar.

Platform ponsel pintar yang memiliki pertumbuhan tercepat bagi Opera Mini di Indonesia adalah Android. Platform ini mengalam peningkatan pertumbuhan sebesar 156% dari bulan Juli 2014 hingga Juli 2014. Kemudian pada periode yang sama disusul oleh iOS yang mencapai 71 % dan diikuti BlackBerry sebesar 54%.

Untuk ponsel pintar Android dengan pengguna Opera Mini di Indonesia terbanyak masih diduduki oleh Samsung dengan 42%, diikuti Advan 13%, Sony 11%, Smartfren 10%, dan 9% Evercoss. Ke depannya Opera telah bekerjasama dengan vendor ponsel pintar lokal seperti Evercoss dan Mito untuk membuat Opera Mini preload terhadap ponsel terbaru dari vendor tersebut. Selain itu, dikabarkan juga bahwa Opera telah bekerjasama dengan Microsoft untuk preload Opera Mini di Nokia Asha.

Share
Published by
Adhitya Wibawa Putra

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019