Pantone Luncurkan Pantone API Untuk Mempermudah Integrasi

Pantone Luncurkan Pantone API Untuk Mempermudah Integrasi

Pantone API Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Pantone, sebuah perusahaan yang berkecimpung di manajemen warna, baru saja meluncurkan sebuah antarmuka pemrograman aplikasi baru, yang diberi nama dengan Pantone API, di dalam layanannya.

Bagi yang belum tahu, Pantone merupakan sebuah perusahaan yang terkenal dengan Pantone Matching System (PMS), yakni sebuah ruang warna yang dipatenkan, yang bisa digunakan oleh berbagai industri – terutama desain grafis, desain fesyen, desain produk, percetakan dan manufaktur – untuk memastikan warna yang akurat di seluruh sistem.

Hadirnya antarmuka pemrograman baru ini dapat melengkapi produk tersebut, dengan mempermudah para pengembang piranti lunak pihak ketiga, dalam mengintegrasikan pustaka warna Pantone ke dalam piranti lunak yang sedang dikembangkan.

Dengan menggunakan antarmuka pemrograman aplikasi ini, para pengembang dapat dengan lebih mudah mengimplementasikan basis data warna yang dimiliki oleh Pantone ke dalam aplikasi atau layanannya.

Dalam potongan siaran pers yang diunggah oleh ProgramableWeb, Licensing Business Development Director Pantone, Iain Pike mengungkapkan bahwa Pantone API yang baru akan menghilangkan proses pembuatan kode yang berat, yang pernah dibutuhkan oleh para pengembang saat mengintegrasikan Pantone ke aplikasinya.

Selain itu, Iain Pike juga menyebutkan bahwa antarmuka pemrograman baru ini memungkinkan para mitra pemegang lisensinya – seperti Adobe dan CP Company – untuk secara mulus mengintegrasikan perpustakaan Pantone ke dalam perangkat lunak atau aplikasi mereka.

Yang menarik, karena dikembangkan berdasarkan GraphQL API, antarmuka pemrograman ini bisa digunakan oleh pengembang apapun, baik yang bekerja untuk mengembangkan aplikasi seluler, web, maupun desktop.

Selain itu, antarmuka pemrograman dari Pantone ini juga dapat digunakan oleh para pengembang untuk mencari warna di basis data Pantone dengan lebih mudah, karena mereka bisa mencarinya berdasarkan nama atau nomor yang terkait.

Artinya, para pengembang bisa lebih mudah untuk mengonversi warna dari format CMYK, RGB dan Hex ke warna Pantone, tanpa perlu membuat kode khusus untuk memfilter satu atau beberapa rona warna dan mengurutkan warna berdasarkan banyak pilihan.

Untuk hal tersebut, para pengembang yang tertarik untuk dapat menjalin kemitraan dengan Pantone dapat memulai dengan menghubunginya melalui halaman https://www.pantone.com/validated-licensee-signup.

[Sumber: ProgramableWeb]