5 Kategori Perangkat Wearable yang Patut Dicoba

5 Kategori Perangkat Wearable yang Patut Dicoba

perangkat wearable

Pada tahun 2014 ini banyak perangkat wearable yang diperkenalkan oleh berbagai vendor dunia. Tentunya perangkat wearable ini pun dibuat senyaman mungkin dan memiliki fungsi-fungsi yang menarik untuk membantu aktivitas sehari-hari.

Selain itu, perangkat wearable ini dapat digunakan seperti layaknya aksesoris yang digunakan oleh tubuh kita sehari-hari. Bagi pembaca yang penasaran dengan perangkat ini dapat melihat informasi mengenai kategori perangkat wearable yang saya sajikan sebagai berikut.


smartwatch

Smartwatch

Smartwatch merupakan kategori perangkat wearable dengan bentuk seperti jam tangan yang memiliki banyak fungsi seperti jam tangan, notifikasi pesan maupun aplikasi dari ponsel pintar, musik, kalender, memonitor aktivitas olahraga maupun kesehatan, cuaca, dan masih banyak lainnya. Untuk konektivitasnya dengan ponsel pintar sendiri biasanya hanya menggunakan koneksi Bluetooth.

Di Indonesia sendiri smartwatch untuk tahun 2014 ini telah populer di kalangan pemakai ponsel pintar maupun tablet. Selain karena fungsinya yang banyak, perangkat ini punya cukup nyaman digunakan seperti layaknya jam tangan.

Beberapa smartwatch yang telah hadir di Indonesia adalah Sony Smartwatch, Samsung Galaxy Gear, SpeedUp smartwatch, Mi2, dan masih banyak lagi.


Smartband

Kategori perangkat wearable yang satu ini bentuknya persis seperti gelang dan memiliki fungsi utama untuk memantau aktivitas olahraga. Penggunanya dapat menghubungkan dengan ponsel pintar menggunakan koneksi Bluetooth.

Biasanya pengguna dapat mengunduh aplikasi pemantau aktivitas olahraga dari smartband ini di toko aplikasi ponsel pintarnya. Setelah aplikasi terinstal dan kedua perangkat terhubung, maka ponsel pintar akan menampilkan skema dan grafik aktivitas yang telah dilakukan penggunanya.

Beberapa smartband yang telah hadir di Indonesia adalah Sony Smartband, Samsung Gear Fit, Feelymos Smartband, Nike+ FuelBand, dan masih banyak lagi.

smartband


smartglass

Smartglasses

Smartglasses adalah kategori perangkat wearable berbentuk kacamata yang terbilang menarik karena perangkat ini akan memperlihatkan teknologi Augmented Reality yang bisa langsung dilihat oleh mata. Fungsi perangkat ini sendiri cukup banyak seperti membantu navigasi arah, memperlihatkan informasi pada objek yang dilihat, memainkan musik, perintah suara, melakukan foto, bermain game, melihat maupun merekam video, dan masih banyak lagi.

Dan adanya teknologi Augmented Reality pada smartglasses akan membantu penggunanya secara interaktif dan menarik. Salah satu smartglasses yang cukup populer di dunia saat ini adalah Google Glass buatan Google.

Selain Google Glass, masih banyak terdapat smartglass yang telah beredar di dunia seperti Sony SmartEyeGlass, Epson Moverio, Vuzix M100 Smart Glasses, Innovega iOptik Contacts, dan masih banyak lagi. Untuk smartglasses ini sendiri masih jarang ditemui di Indonesia. Namun terdengar kabar beberapa bulan lagi Telkomsel akan menjual Google Glass di Indonesia.

 


Smartjewelry

Bisa dibilang kategori perangkat wearable yang satu ini cukup unik dan menjawab kebutuhan wanita mengenai perhiasan karena pasalnya smartjewerly ini bentuknya mirip dengan perhiasan yang biasanya digunakan oleh wanita pada umumnya.

Selain bisa menjadi perhiasan, smartjewerly ini dapat membantu aktivitas yang dilakukan penggunanya seperti menerima notifikasi SMS, jejaring sosial, panggilan telepon, headset, kontrol musik di ponsel, indikator baterai, dan masih banyak lagi.

Beberapa produk dalam kategori perangkat ini adalah Ringly, Netatmo June,O.R.B. Bluetooth Headset, Smarty Ring, dan masih banyak lagi.

 

ringly


smarrtshoes

Smartshoes

Perangkat wearable yang berbentuk sepatu ini dapat digunakan untuk membantu aktivitas penggunanya. Fungsi utamanya adalah sebagai penunjuk arah ke tempat tujuan dengan menggunakan GPS dan akan memberikan getaran kepada kaki kanan atau kiri untuk menunjukkan langkah yang sesuai. Ini cukup membantu orang yang sudah lanjut usia dan tunanetra.

Selain itu, smartshoes dapat membantu melacak aktivitas olahraga, menghitung kalori, mengingatkan ponsel ketinggalan, dan memberikan informasi menarik mengenai daerah sekitar dengan disambungkan pada ponsel pintar penggunanya.

Teknologi yang digunakan untuk menghubungkan sepatu dengan ponsel pintar menggunakan Bluetooth. Salah satu produk yang telah dijual adalah Lechal yang dibuat oleh pengembang asal India.

[sumber gambar]